PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 10 BARUGA KOTA KENDARI

HIJRAWATI, NIM:12010104018 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 10 BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama penyusun : Hijrawati Nim : 12010104018 Judul penelitian : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 10 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari. Dengan jumlah siswa yaitu 20 orang, siswa laki-laki berjumlah 9 orang dan siswa peremuan berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x35 menit, disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa kelas V di SDN 10 Baruga. Dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, antusias siswa dalam pembelajaran, dan siswa menjalin komunikasi yang baik dengan teman sekelas saat pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa kelas V di lihat dari nilai ratarata kelas terjadi peningkatan yaitu pada pra siklus dengan nilai sebesar 63,94, siklus I sebesar 69,82 dan siklus II sebesar 79,27. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus sebesar 61,11%, siklus I sebesar 72,22% dan siklus II yaitu sebesar 88,89%. Dengan presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan nilai 11,11%, siklus I ke siklus II dengan nilai 16,67%, dari pra siklus ke siklus II dengan nilai 27,78%. Melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya maka penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 10 Baruga Kota Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ABSTRAK Nama penyusun : Hijrawati Nim : 12010104018 Judul penelitian : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 10 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari. Dengan jumlah siswa yaitu 20 orang, siswa laki-laki berjumlah 9 orang dan siswa peremuan berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x35 menit, disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa kelas V di SDN 10 Baruga. Dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, antusias siswa dalam pembelajaran, dan siswa menjalin komunikasi yang baik dengan teman sekelas saat pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa kelas V di lihat dari nilai ratarata kelas terjadi peningkatan yaitu pada pra siklus dengan nilai sebesar 63,94, siklus I sebesar 69,82 dan siklus II sebesar 79,27. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus sebesar 61,11%, siklus I sebesar 72,22% dan siklus II yaitu sebesar 88,89%. Dengan presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan nilai 11,11%, siklus I ke siklus II dengan nilai 16,67%, dari pra siklus ke siklus II dengan nilai 27,78%. Melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya maka penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 10 Baruga Kota Kendari.
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MAKE A MATCH, HASIL BELAJAR
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Sep 2017 01:05
Last Modified: 23 Sep 2017 01:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item