MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE GALLERY WALK SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KENDARI

FITRIANI 16010101093, F (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE GALLERY WALK SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitriani. Nim. 16010101093. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Gallery Walk Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari. Dibimbing oleh: Raehang S. Ag, M. Pd.I Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Gallery Walk siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari khususnya di kelas VII.1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode Gallery Walk pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kendari. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai pada faktor yang diteliti yang berdasarkan hasil awal yang berupa observasi dan wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode Gallery Walk. Adapun penerapan metode Gallery Walk adalah Guru membagi kelas ke dalam beberapa kelompok, Menentukan topic/tema, Menyiapkan alat dan bahan seperti (kertas manila, gunting, lem, double tip, penggaris, dan spidol), Melaksanakan diskusi dalam kelompok untuk mengolah informasi, Mendesain Gallery sesuai tema yang dipelajari, Memerintahkan setiap kelompok untuk menempel hasil kerjanya didinding kelas, Setiap anggota kelompok berputar untuk mengamati hasil kerja dari kelompok lain, Secara acak meminta anggota kelompok menjelaskan materi yang ditanyakan kelompok lain, Memberikan klarifikasi dan penyimpulan. Dalam penelitian ini, pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan bahwa melalui metode Gallery Walk pokok bahasan shalat Jum‟at, dan shalat Jamak Qasar. Bahwa hasil belajar siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 4 Kendari dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus mencapai 67,06 dengan ketuntasan belajar mencapai 36,36% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 57,57% dengan nilai rata-rata 73,69. Ketuntasan belajar setelah siklus II menjadi 72,72% dengan nilai rata-rata 83. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 58,33%. Kemudian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 100%. dan siklus I ke siklus II sebesar 26,31% dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73. Kata Kunci: Metode Gallery Walk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Gallery Walk, HASIL BELAJAR
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:15
Last Modified: 18 Feb 2021 00:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item