PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTsN 2 BOMBANA

Baiq Wahidah, NIM 19040202014, B (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTsN 2 BOMBANA. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN KENDARI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
4. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (655kB)
[img] Text
4.1 ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (521kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
10. BAB IV NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Baiq Wahidah, NIM 19040202014. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media Pada Masa Pandemi Covid 19 di MTsN 2 Bombana. Dibimbing oleh : Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi media, respon siswa terhadap penggunaan media pada pembelajaran Bahasa Arab dan dampak pembelajaran bahasa Arab berbasis media terhadap pencapaian pembelajaran bahasa Arab pada masa pandemi covid 19 di MTsN 2 Bombana. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif fenomenologis. Penelitian Ini dilaksanakan di MTsN 2 Bombana, sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru bahasa Arab dan siswa/siswi MTsN 2 Bombana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan Pengumpulan data, Reduksi data, Display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian bahwa (1) pembelajaran bahasa Arab berbasis media di MTsN 2 Bombana pada masa pandemi covid 19 sebagai solusi alternatif terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona, (2) respon siswa terhadap penggunaan media pada pembelajaran bahasa Arab secara daring dapat mengembangkan wawasan mereka tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, siswa dapat belajar secara fleksibel dan dapat belajar kapanpun dan dimanapun, siswa bebas untuk menentukan sistem belajar, meskipun pada umumnya siswa lebih senang dengan pembelajaran tatap muka dari pada pembelajaran daring, (3)Dampak positif pembelajaran bahasa Arab secara daring pada masa pandemi covid 19 yaitu telah memberikan pengalaman berharga bagi siswa tentang cara pengoperasian dan pemanfaatan berbagai media teknologi, sedangkan dampak negatifnya yaitu adanya kecanduan siswa dalam penggunaan smartphone dalam hal-hal yang tidak mendukung pembelajaran Bahasa Arab. Kata Kunci: pembelajaran bahasa Arab, media, pembelajaran daring, pandemi covid 19 i ABSTRACT Name: Baiq Wahidah, NIM 19040202014. Media-Based Arabic Learning During the Covid 19 Pandemic at MTsN 2 Bombana. Supervised by : Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. and Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I This study aims to analyze the use of media technology, students' responses to the use of media in Arabic learning and the impact of media-based Arabic learning on the achievement of Arabic learning during the COVID-19 pandemic at MTsN 2 Bombana. This type of research is a phenomenological qualitative research type. This research was conducted at MTsN 2 Bombana, the data sources in this study were the Principal, Deputy Principal, Arabic teachers and students of MTsN 2 Bombana. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and document studies. Data analysis uses data collection, data reduction, data display, and data verification. Checking the validity of the data is done by tringulation. The results of the study are that (1) media-based Arabic learning at MTsN 2 Bombana during the covid 19 pandemic as the best alternative solution to prevent the corona virus, (2) student responses to the use of media in online Arabic learning can develop their insight about the use of technology. in learning, students can learn flexibly and can learn anytime and anywhere, students are free to determine the learning system, although in general students are more happy with face-to-face learning than online learning, (3) The positive impact of learning Arabic online during the pandemic covid 19, which has provided valuable experience for students on how to operate and use various technological media, while the negative impact is that students are addicted to using smartphones in things that do not support Arabic learning. Keywords: Arabic learning, media, online learning, covid 19 pandemic ii ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺺﺨﻠﻣ ﺍﻝﺕﻙﻥﻭﻝﻭﺝﻱﺍ ﻝﺎﺧﻝ ﻭﺏﺍء ﻙﻭﻑﻱﺩ ﻑﻱ ﺍﻝﺪﻣﺭﺱﺓ ﺍﻝﺙﺍﻥﻭﺏﺓ ﺍﻝﻚﺣﻭﻡﻱﺓ ﺏﻭﻡﺏﺍﻥﺍ ﻢﻟﺎﻌﻟ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﺏﻭﺱﺍﺉﻝ ﺍﺇ .19040202014 ﺍﺍﻝﺱﻡ: ﺏﺍﻱﻕ ﻭﺡﺩﻩ ،ﺭﻕﻡ ﺕﺵﺝﻱﻝ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﺍﻝﻡﺵﺭﻑﺓ: ﺍﻝﺩﻙﺕﺭﻭﺓ ﺡﺍﺝﺓ ﻕﺭﻱﻅﺓ ﺍﻝﻡﺍﺝﺱﺕﻱﺭ ﻭ ﺍﻝﺩﻙﺕﺭﻭﺓ ﺇﻱﻡﻱﺪﻟﺍ ﻭﺡﻱﻭﻥﻱ ،ﻝﻱﺱﺍﻥﺱ .19 ﻭﺍﻝﻡﺍﺝﺱﺕﻱﺭ ﻭﻡﻕﺍﺹﺩ ﻩﺫﻩ ﺍﻝﺩﺭﺍﺱﺓ ﻲﻫ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉﻁ ﻑﻱ ﻊﺗﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ، ﻭﺕﺃﺙﻱﺭ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﺍﻝﻡﺱﺕﻥﺩ ﻉﻝﻯ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉﻁ ﻑﻯ ﺕﺡﺹﻱﻝ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﺃﺙﻥﺍء ﻡﺍﺪﺧ ﻝﺍﺱﺕ ﺍﻭﺱﺕﺝﺍﺏﺓ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﺕﻙﻥﻭﻝﻭﺝﻱﺍ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉﻁ، ﻡﺍﺪﺧ ﺕﺡﻝﻱﻝ ﺍﺱﺕ ﺝﺍﺉﺡﺓ ﻙﻭﻑﻱﺩ 19ﻑﻱ ﺍﻝﺪﻣﺭﺱﺓ ﺍﻝﺙﺍﻥﻭﺏﺓ ﺍﻝﻚﺣﻭﻡﻱﺓ ﺏﻭﻡﺏﺍﻥﺍ. ﻭﻱﻕﺍﻡ ﺍﻝﺏﺡﺙ ﻑﻱ ﺍﻝﺪﻣﺭﺱﺓ ﺍﻝﺙﺍﻥﻭﺏﺓ ﺍﻝﻚﺣﻭﻡﻱﺓ ﺏﻭﻡﺏﺍﻥﺍ ،ﻭﻩﺫﻩ ﺪﻟﺍﺭﺍﺱﺓ ﻉﺏﺍﺓﺭ ﺍﺬﻫ ﻭﻥﺍﺉﺏ ﺍﻝﻡﺩﻱﺭ ﻭﻡﻉﻝﻡﻱ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﻭ ﻅﺍﻩﺭﻱ. ﻭﻙﺍﻥﺕ ﻡﺹﺩﺍﺭ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﻑﻱ ﻩﺫﻩ ﺪﻟﺍﺭﺍﺱﺓ ﻩﻱ ﺍﻝﻡﺩﻱﺭ ﻉﻥ ﺏﺡﺙ ﻥﻭﻲﻋ ﻑﻱ ﺕﺡﻝﻱﻝ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﺍﻝﻝﺎﻁﺏ ﻑﻱ ﺍﻝﺪﻣﺭﺱﺓ ﺍﻝﺙﺍﻥﻭﺏﺓ ﺍﻝﻚﺣﻭﻡﻱﺓ ﺏﻭﻡﺏﺍﻥﺍ. ﻭﻁﺭﻱﻕﺓ ﺕﻥﻑﻱﺫ ﺝﻡﻉ ﺍﻭﻝﻡﻕﺍﺏﻝﺍﺕ ﻭ ﺩﺭﺍﺱﺓ ﺍﻝﺕﻭﺙﻱﻕ. ﻭﻱﺱﺕﺥﺩﻡ ﺍﻝﻝﺎﻣﺡﻅﺓ ، ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﺕﻕﺍﻡ ﺏﺙﺍﻝﺙﺓ ﻁﺭﻕ ﻭﻩﻱ ﻭﺕﺡﻕﻱﻕ ﺹﺡﺓ ﻭﺕﺡﻕﻕ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ. ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﺕﻕﻝﻱﻝ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﻉﺭﺽ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﺕﻕﺍﻡ ﺏﻁﺭﻱﻕ ﺍﻝﺚﺗﻝﻱﺙ. ﻭﻥﺕﺍﺉﺝ ﺍﻝﺩﺭﺍﺱﺓ ﻲﻫ ﺝﻡﻉ ﺍﻝﺏﻱﺍﻥﺍﺕ ﺏﺍﺭﺏﻉﺓ ﺍﺵﻱﺍء ﻭﻩﻱ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻞﻟﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﺏﺍﺱﺕﻥﺩﺍ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉﻁ ﻑﻱ ﺍﻝﺪﻣﺭﺱﺓ ﺍﻝﺙﺍﻥﻭﺏﺓ ﺍﻝﻚﺣﻭﻡﻱﺓ ﺏﻭﻡﺏﺍﻥﺍ ﻝﺎﺧﻝ ﺝﺍﺉﺡﺓ ﻙﻭﻑﻱﺩ 19ﻩﻱ ﺃﻑﺽﻝ ﺍﺍﻝﺥﻱﺍﺭ ﻝﻡﻥﻉ ﻑﻱﺭﻭﺱ )1( ﺍﺱﺕﺝﺍﺏﺓ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﻝﺍﺱﺕ )2( ﻙﻭﺭﻭﻥﺍ ، ﻝﻝﻁﻝﺍﺏ ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ﺏﺍﺍﻝﺡﺭﺍﺭ ﻭﻱﻡﻙﻥﻩﻡ ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ﻑﻱ ﺃﻱ ﻭﻕﺕ ﻭﻡﻙﻥﺍ ﺍﻝﺕﻙﻥﻭﻝﻭﺝﻱﺍ ﻑﻱ ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ، ﻭﻱﻦﻜﻣ ﻡﺍﺪﺧ ﻝﻩﻡ ﻑﻱ ﺕﻁﻭﻱﺭ ﻉﻕﻭﻝﻩﻡ ﻝﺍﺱﺕ ﺍﻝﺇﻥﺕﺭﻥﺕ ﻱﻦﻜﻣ ﻁﺏ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉ ﻡﺍﺪﺧ ﻙﺍﻥ ، ﻭﻱﺕﺡﺭﻱ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﻲﻓ ﺕﺡﺩﻱﺩ ﻥﻅﺍﻡ ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ﻭﻝﻭ ﻙﺍﻥ ﺍﻙﺙﺭ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﺍﺡﺏ ﺍﻝﻱﻩﻡ ﻥﺍ ﻱﺕﻉﻝﻡﻭﺍ ﻡﻭﺍﺝﻩﺓ ﻑﻱ ﺍﻝﻑﺹﻝ ﻦﻣ ﻭﺕﺃﺙﻱﺭﺍﺇﻝﻱﺝﺍﺏﻱ ﻑﻱ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ﺏﻭﺍﺱﻁﺓ ﺇﻥﺕﺭﻥﺕ ﻝﺎﺧﻝ ﺝﺍﺉﺡﺓ ﻙﻭﻑﻱﺩ 19 )3( ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ﺏﻭﺍﺱﻁﺓ ﺇﻥﺕﺭﻥﺕ ، ﻭﻩﻱ ﺃﻥﻩﺍ ﻕﺩ ﻉﺍﻁﻱﺕ ﺥﺏﺭﺓ ﻝﻝﻁﻝﺍﺏ ﻉﻥ ﻙﻱﻑﻱﺓ ﺍﻝﺕﺵﻍﻱﻝ ﻉﻝﻯ ﺍﺱﺕﺥ ﺍﻝﻁﻝﺍﺏ ﺍﻝﻭﺱﺍﺉﻁ ﺍﻝﺕﻙﻥﻭﻝﻭﺝﻱﺓ ﺍﻝﻡﺥﺕﻝﻑﺓ ، ﻭﺕﺃﺙﻱﺭ ﺍﻝﺱﻝﺏﻱ ﻩﻭﺵﻍﻭﻑ ﻡﺍﺪﺧ ﺍﻭﺱﺕ ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻝﻝﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ. ﺍﺩﻡ ﺍﻝﻩﻭﺍﺕﻑ ﻑﻱ ﺃﺵﻱﺍء ﻝﺍ ﺕﺩﻢﻋ ، ﺍﻝﺕﻉﻝﻡ ﺏﻭﺍﺱﻁﺓ ﺇﻥﺕﺭﻥﺕ ، ﺝﺍﺉﺡﺓ ﻙﻭﻑﻱﺩ 19 ﻢﻟﺎﻌﻟ ﻙﻝﻡﺓ ﺍﻝﻡﻑﺕﺍﺡ: ﺕﻉﻝﻡ ﺍﻞﻟﻍﺓ ﺍﻝﻉﺭﺏﻱﺓ ، ﺍﺇ iii 4

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: pembelajaran bahasa Arab, media, pembelajaran daring, pandemi covid 19
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, media, pembelajaran daring, pandemi covid 19
Subjects: Ilmu Bahasa
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:55
Last Modified: 11 Oct 2022 06:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item