PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN PONDIDAHA

Muhammad Amin. 17010101042., M (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN PONDIDAHA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Amin. 17010101042. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mata Pelajaran Fikih Dalam Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Pondidaha. Dibimbing oleh: Dr. H. Moh Yahya Obaid M. Ag Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi WhatsApp pada mata pembelajaran fikih pada pembelajaran daring di madrasah Aliyah AlMuhajirin, Pondidaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, instrumen yang digunakan terdiri dari; kuestioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi WhatsApp sangat bermanfaat bagi siswa dalam mendukung pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi ini. Hal yang diberikan ialah siswa dapat melakukan absensi kelas secara online, menerima materi pembelajaran dari guru, siswa dan guru dapat saling berkomunikasi dengan baik, tugas sekolah dapat dikumpulkan dengan mudah. Selain itu siswa madrasah aliyah Al-Muhajirin beranggapan bahwa aplikasi WA dapat membantu dan memudahkan mereka untuk melakukan pembelajaran. Beberapa siswa memberikan persepsi atau respon yang positif terhadap pembelajaran fikih menggunakan aplikasi WA. Sehingga implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan aplikasi WA bisa berfungsi sebagai media yang dapat memberikan manfaat kepada siswa untuk belajar dimasa pandemi. Kata Kunci: Persepsi, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Persepsi, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Jarak Jauh
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Pendidikan
Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:46
Last Modified: 17 Feb 2023 06:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item