PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN SATAP 02 KONSEL KEC. RANOMEETO BARAT KAB.KONSEL

Friska Januaresa. NIM. 18010104036, F (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN SATAP 02 KONSEL KEC. RANOMEETO BARAT KAB.KONSEL. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER SKRIPSI FRISKA JANUARESA.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II PEMBAHASAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN NEW.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Friska Januaresa. NIM. 18010104036. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SDN Satap 02 Konsel Kec. Ranomeeto Barat Kab.Konsel. Dibimbing Oleh : Raehang S.Ag, M.Pd.I & Drs.Marzuki MA. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick di kelas III SDN Satap 02 Konsel pada tahun ajaran 2021/2022.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Satap 02 Konsel yang berjumlah 14 siswa yang terdiri 8 perempuan dan 6 laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Pada prosedur penelitian menggunakan skema PTK Kurt Lewin meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.) Penerapan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media tongkat yang panjangnya sekitar 20 Cm dan pada proses pelaksanaanya dilihat dari indikator keaktifan siswa yaitu perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasama dalam kelompok, kemampuan siswa mengungkapkan pendapat dalam kelompok dan saling membantu menyelesaikan masalah. 2.)Penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SDN Satap 02 Konsel. Peningkatan keaktifan belajar diukur dari evaluasi dari setiap siklusnya yaitu pada pra siklus atau sebelum diadakannya tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 46%. Kemudian setelah diadakan tindakan siklus I nilai rata-rata 70% dan siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 82,5%. Kata kunci : Talking Stick, Keaktifan, Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Talking Stick, Keaktifan, Tematik.
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Keaktifan, Tematik.
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:29
Last Modified: 23 Feb 2023 03:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item