MUHAMAD FAIZAL, NIM 16010101083,, M (2023) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MTs N 1 KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMAD FAIZAL, NIM 16010101083, PENERAPAN STRATEGI PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MTs N 1 KONAWE KEPULAUAN, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Kendari Melalui Pembimbing Syahrul S.Pd.I, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak melalui metode peer lesson pada siswa kelas VII A2 MTs N I Konawe Kepulauan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua sampai tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII A2 yang berjumlah 12 peserta didik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus ke II dan apabila 85% dari jumlah seluruh peserta didik dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75%. Hasil penelitian mejelaskan bahwa dengan menggunakan metode peer lesson dapat dijelaskan bahwa peningkatan hasil belajar dari pelaksanaan prasiklus, siklus I ke siklus ke II telah tercapai. Ketercapaian indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukan dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 95. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di mana pada prasiklus ada 4 peserta didik atau 33% yang sudah mencapai KKM sedangkan ada 8 peserta didik atau 66% belum mencapai KKM. Kemudian pada pelaksanaan siklus I ada 7 peserta didik atau 58% yang sudah mencapai nilai KKM, sedangkan ada 5 peserta didik atau 41% yang belum mencapai KKM. Sedangkan dalam pelaksanaan siklus II ada 11 peserta didik atau 91% yang sudah mencapai KKM, sedangkan ada 1 peserta didik atau 8% yang belum mencapai KKM. Dengan hasil penelitian indikator telah mencapai 95% sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Peer Lesson, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Peer Lesson, Hasil Belajar |
Uncontrolled Keywords: | Peer Lesson, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Pendidikan Aqidah Ahlak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:10 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:10 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4346 |
Actions (login required)
View Item |