PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (StudiEksperimenPadaSiswaKelas XI IPA di SMAN 5 Kendari)

MARWIA ODE, NIM : 09010101079 (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (StudiEksperimenPadaSiswaKelas XI IPA di SMAN 5 Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Marwia Ode. PerbandinganHasilBelajarPendidikan Agama Islam Model PembelajaranKooperatifTipe STAD denganHasilBelajarPendidikan Agama Islam Model PembelajaranKonvensional(StudiEksperimenPadaSiswaKelas XI IPAdi SMA Negeri 5 Kendari) (DibimbingolehDra.Hj.Siti FatimaKadirdan Ir. Hj. EtyNurInah) Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisperbandinganhasilbelajarpendidikan agama Islam model pembelajarankooperatiftipe STAD denganhasilbelajarpendidikan agama Islam model konvensionalpadasiswa XI IPA di SMA Negeri 5 Kendari.. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI IPA SMA Negeri 5 Kendari. Teknikpengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknik random sampling sederhana (simple random sampling). Sampeldalampenelitianiniadalah 36 siswakelas XI IPA5sebagaikelaseksperimendengan model pembelajarankooperatiftipe STAD, dan 34 siswakelas XI IPA4 sebagaikelaskontroldengan model pembelajarankonvensional Jenis penelitian ini adalah penelitianeksperimen. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakaninstrumenteshasilbelajar PAI yang terdiridaripertanyaantesberupasoalpilihanganda. Sebelumdigunakan, soaltesakandiujicobakanterlebihdahuluuntukmengetahuivaliditasdanreliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perangkat program siap pakai yaitu SPSS versi 11.5Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dari penelitian, dan dari hasil analisis ditarik suatu simpulan.Sebelum data dianalisis, peneliti melakukan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakanujiperbedaandua rata-rata (uji t) Hasil penelitian menunjukkanbahwa:Terdapatperbedaanhasilbelajarpendidikan agama Islam dengan model pembelajarankooperatiftipe STAD denganhasilbelajarpendidikan agama Islam yang menggunakan model pembelajarankonvensional. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang menyatakan bahwa Nilai Thitung yang diperoleh dari hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari Ttabel. Dari pengolahan uji perbedaan dua rata-rata ( uji t) diperoleh nilai tes akhir hasil belajar kelas eksperimen dengannilai Thitung sebesar 5,25 > nilai Ttabel sebesar 1,667, Sig. 0,05 dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar78,22 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 71,52.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: hDra.Hj.Siti FatimaKadirdan Ir. Hj. EtyNurInah
Uncontrolled Keywords: Model PembelajaranKooperatif, Tipe STAD, PembelajaranKonvensional dan HasilBelajar PAI
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Jan 2018 00:58
Last Modified: 22 Jan 2018 00:58
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item