PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN SISWA (STUDI KASUS SMP 12 KENDARI)

RISALWAN, 11 01 01 01 124 (2015) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN SISWA (STUDI KASUS SMP 12 KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Risalwan, NIM: 11 01 01 01 124, Judul Skripsi: Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Permasalahan Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Kendari), Pembimbing I : Drs. Muh. Shaleh, M.Pd, Pembimbing II Samrin, M.Pd.I Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu; (1) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Ngeri 12 Kendari, (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling siswa di SMP Negeri 12 Kendari, (3) Adakah faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan bimbingan dan konseling siswa di SMP Negeri 12 Kendari. Adapun kegiatan guru dalam bimbingan yakni membantu, memeberikan nasihat, maupun menangani permasalahan siswa secara inten atau terus-menerus sampai selesai. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana peran guru bimbingan dan konseling yang ada di SMP Negeri 12 Kendari. Sejatinya kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan pelayanan terhadap siswa yang mengalami masalah, Hal ini dapat membantu penulis untuk mengetahui secara jelas kegiatan bimbingan di SMP Negeri 12 Kendari. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara observasi (pengamatan), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling dan beberapa petugas guru lainnya. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling cukup berperan dalam mengatasi permasalahan siswa, adapun perinciannya ialah siswa yang bermasalah seperti: bermain bola dalam kelas menyebabkan temannya terkena bola pada wajahnya, membawa HP dan memiliki video porno, membawa motor di sekolah, terlambat lalu bolos karena mengikuti teman, merokok di sekolah, serta melanggar tata tertib sekolah, maka ini menjadi tanggung jawab guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah siswa, misalnya memberikan bimbingan kepada peserta didik yang bermasalah, dan guru bimbingan dan konseling menyarankan untuk merubah sifat buruknya, sebab dengan masalah yang menimpah siswa-siswi tersebut bisa mengakibatkan tidak naik kelas karena masalah tersebut. Hal ini pula guru bimbingan dan konseling bertugas pula memberikan motivasi belajar siswa. Mengingat betapa pentingnya generasi muda, dalam menentukan jalan hidup yang lebih baik kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muh. Shaleh, M.Pd,DAN Samrin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling,
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Sep 2018 00:37
Last Modified: 20 Sep 2018 00:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item