ST. Normah Ali, NIM. 16040202012 (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 1 KOLAKA. Masters thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (905kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK St. Normah Ali, NIM. 16040202012, “Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 1 Kolaka” (Dibimbing Oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan problematika pembelajaran al-Qur’an hadis di MTsN 1 Kolaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui realitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan (3) mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 1 Kolaka. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kolaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu informan kunci adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an hadis dan siswa selanjutnya menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran di MTsN 1 Kolaka sudah dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan. Tujuan pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MTsN 1 Kolaka antara lain bertujuan agar siswa dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Namun dari tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadis tersebut belum sepenuhnya tercapai karena terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran yang ditimbulkan dari beberapa faktor baik itu dari siswa, guru, maupun sarana pembelajaran. Problematika yang ada dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MTsN 1 Kolaka diantaranya adalah siswa kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen, belum diadakan penataran bagi guru Al-Qur’an Hadis dan sarana/ alat pembelajaran yang masih terbatas. Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MTsN 1 Kolaka diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Qur’anisasi artinya berusaha menciptakan madrasah yang Qur’ani seperti pada kegiatan Qiroati dan tadarus bagi seluruh siswa, diadakan diklat cara membaca dan mengajarkan Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta pihak sekolah telah memprogramkan penambahan perangkat/sarana dan prasarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Problematika Pembelajaran, Al-Qur’an Hadis, |
Subjects: | Al-Qur'an |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 06:26 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 06:26 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1536 |
Actions (login required)
View Item |