WA SALMI RUMBIA, NIM 15010110006, W (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEM ATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (844kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (967kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK WA SALMI RUMBIA, NIM 15010110006. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Komunikasi matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan. Dibimbing oleh Sri Anandari Safaria, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dan diperoleh siswa kelas VIIF berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan pembelajaran pendekatan contextual teaching and learning dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian memperoleh data skor rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL )sebesar 15,35 dan skor rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan menggunakan model konvensional sebesar 13,08. Penerapan pendekatan contectual teaching and learning (CTL ) berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Matematika Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 01:32 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 02:05 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2403 |
Actions (login required)
View Item |