Usnul Khatima. 17010101119., U (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL- HIKMAH RANTEANGIN KEC. RANTEANGIN KAB. KOLAKA UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Usnul Khatima. 17010101119. Peran Guru Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara. Dibimbing Oleh Dr. H. Herman M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara pada kelas XI IPS-1 (2) menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara pada kelas XI IPS-1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi tekhnik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin yaitu sebagai pendidik, sebagai penasihat, sebagai motivator, sebagai teladan, meningkatkan kesadaran keimanan dan meningkatkan intelektual siswa. (2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin yaitu adanya dukungan dari Kepala Madrasah, adanya fasilitas peribadahan, adanya kerjasama antar guru dan Kepala Madrasah yang saling bersinergi satu dengan yang lainnya, adanya bimbingan keagamaan seperti BTQ kepada siswa kelas XI IPS-1 yang kurang lancar dalam membaca maupun menulis al-Qur‟an, dan adanya absen keagamaan. Adapun faktor penghambat peran guru dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ranteangin yaitu masih kurangnya kesadaran sebagian siswa pada kelas XI IPS-1 dalam menjalankan ibadah shalat dhuhur berjama‟ah, masih kurangnya minat siswa pada kelas XI IPS-1 itu sendiri terhadap pelajaran Agama, dan pengaruh tekhnologi. Kata Kunci: Peran Guru, Religiusitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Peran Guru, Religiusitas. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Religiusitas. |
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 07:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4264 |
Actions (login required)
View Item |