PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I SOROPIA KABUPATEN KONAWE

ANI LA SUDIRA, NIM. 07.01.01.01.085 (2012) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB 1V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Ani La Sudira, Nim. 07010101 085. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Soropia Kab. Konawe”, Melalui Pembimbing Bapak Drs. H. Herman, M.pd.i dan Ibu Dra. Rahmawati. M.pd. Prestasi belajar adalah parameter keberhasilan siswa dalam belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal siswa. Faktor internal adalah faktor yang datang dari dalam diri siswa itu sendiri seperti motivasi, minat dll. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar mencakup lingkungan belajar siswa. Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi prestasi siswa. Melalui penelitian ini, penulis hendak menguji “ pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Soropia Kab. Konawe”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidika Agama Islam di SMPN 1 Soropiah. Kab. Konawe?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian analisis datanya menggunakan analisis statistik. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukan nilai koefisien korelasi rxy =0.83 lebih besar dari tabel α0,05 = 0,254 dan α0,01 = 0,330. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,83. Sedangkan koefisien diterminasinya r2 = 0,832 = 0,6889. Hal ini berarti bahwa pada variabel prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, 68,89 % ditetntukan oleh lingkungan sekolah melalui persamaan regresi Y = 37,50 + 0,44X. Siswanya 31,11% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Herman, M.pd.i dan Ibu Dra. Rahmawati. M.pd.
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN SEKOLAH dan PRESTASI BELAJAR
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Feb 2018 01:02
Last Modified: 01 Feb 2018 01:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item