MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs DARUL MUKHLISIN KOTA KENDARI

E L P I A N A, NIM: 15040202006 (2017) MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs DARUL MUKHLISIN KOTA KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (120kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Elpiana.Nim.15040202006 “Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin Kendari” Dibimbing Oleh: Dr. Imelda Wahyuni., M.Pd.I, dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II. Penelitian ini membahas tentang manajemen pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Manajemen pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Darul Mukhlisin Kendari. (2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin (3) Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisi dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) manajemen pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Darul Mukhlisin Kendari terdiri dari a) Perencanaan sarana prasarana yang meliputi observasi, rapat bersama seluruh stakeholder, serta penafsiran biaya b) Pengadaan pelaksanaan dan pelaporan sumber dana. c) Inventaris terdiri dari pemberian kode agar mempermudah pemeliharaan. d) Pemeliharaan menjadi tanggung jawab semua pihak baik guru, maupun siswa. e) Penyimpanan sarana dan prasarana terdiri dari gudang, kantor dan perpustakaan. f) Penggunaan sarana prasarana dengan memperhatikan prinsip efektif dan efisien g) Penghapusan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengecekan dan pelaporan sarana yang sudah tidak dapat digunakan dan dihapuskan dengan cara dijual dan dibakar. 2) Faktor penghambat dan pendukung manajemen pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Faktor Pendukung yaitu: a) Adanya Hotspot Area b) Adanya dukungan yayasan dan pihak pondok. c) Peningkatan kualitas guru PAI dengan diadakannya kajian kitab kuning/majelis taklim. Faktor Penghambat yaitu: a) Kurangnya dana sehingga menjadi kendala pemenuhan sarana dan prasarana. b) Kurangnya sarana dan prasarana sebagai tempat belajar mengajar c) Banyaknya usia sarana dan prasarana yang sudah tua. d) Belum terpenuhinya buku diperpustakanan secara kuantitas maupun kualitas. 3) Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin Kendari meliputi: Sarana dan prasarana non fisik meliputi, kurikulum, metode pembelajaran, peraturan, serta lingkungan sosial. Sedangkan sarana dan prasarana fisik meliputi mesjid dan perpustakaan. Secara umum pelaksanaan manajemen pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTs Darul Mukhlisin Kendari sudah berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I DAN Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 May 2018 01:55
Last Modified: 28 May 2018 01:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item