PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MURID KELAS V SDN 02 MANDONGA KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI

ISMAIL, NIM. 2010010700810 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MURID KELAS V SDN 02 MANDONGA KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ismail, NIM. 2010010700810. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Team Games Tournament (TGT) Murid Kelas V SDN 02 Mandonga Kecamatan Mandonga Kota Kendari”. Di bimbing oleh Drs. Amri, M.Th.I. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: “Apakah pembelajaran dengan menggunakan metode team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada murid kelas V SDN 02 Mandonga Kota Kendari?. Hipotesis Tindakan adalah: bahwa dengan metode team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam pada murid kelas V SDN 02 Mandonga Kota Kendari.Tujuan Penelitian adalah: Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan metode team games tournament (TGT) pada murid kelas V SDN 02 Mandonga Kota Kendari. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan pembelajaran metode team games tournament (TGT) pada murid kelas V SDN 02 Mandonga Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana pada penelitian ini lebih mengarah kepada proses dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas. Sebagai penelitian tindakan kelas terdiri dari lima tahapan yaitu: (1). Merencanakan, (2) melaksanakan, (3) mengamati, (4) evaluasi dan analisis dan (5) refleksi.Waktu dan Tempat Penelitian. Waktu pelaksanaan bulan September s.d Oktober 2011 semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 pada murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Mandonga. Subjek Penelitian Subjek penelitian ini adalah murid kelas V.A SDN 02 Mandonga yang berjumlah 19 orang dengan perincian 10 murid laki-laki dan 9 murid perempuan. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT) yang telah dilaksanakan di kelas V semester I SD 02 Mandonga dapat meningkatkan hasil belajar murid materi pokok menceritakan kisah nabi. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata – rata kelas dan ketuntasan klasikal. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT) nilai rata – rata kelas hanya 67,37 dengan ketuntasan klasikal 52 %. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT) nilai rata – rata kelas pada siklus I adalah 71,05 dengan ketuntasan klasikal 69 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas 80,0 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85 %. (2).Aktivitas belajar murid pada saat diterapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT) juga mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT) murid yang aktif tidak lebih dari 60%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif metode team games tournament (TGT), murid yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 87,5%. vi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Amri, M.Th.I
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 May 2018 02:44
Last Modified: 31 May 2018 02:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item