PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL TEAM TEACHING DENGAN MODEL SOLO TEACHING (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV MI Ummushabri Kendari)

JAIDAH ROHMAWATI, NIM. 14040202001 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL TEAM TEACHING DENGAN MODEL SOLO TEACHING (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV MI Ummushabri Kendari). Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Jaidah Rohmawati NIM : 14040202001 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Kata Kunci : Team Teaching, Solo Teaching, Hasil Belajar, Fikih Judul Tesis : Perbandingan Hasil Belajar Fikih Siswa yang Diajar dengan Team Teaching dengan Solo Teaching. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan menggunakan model team teaching, (2) Untuk menganalisis hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan menggunakan model solo teaching, (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran team teaching dan model solo teaching, dan (4) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan menggunakan model solo teaching dan team teaching dilihat dari aspek afektif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas empat berjumlah 181 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan secara simple random sampling sehigga sampel terdiri 75 orang siswa. Teknik analisis data untuk menjawab permasalahan pada hipotesis penelitian ini adalah Statistical Package for the Social Sciences (spss) versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen (team teaching) pada pretest diperoleh nilai maksimum 73.30 dan nilai minimum 40.00 dengan nilai rata-rata 54.65 dan standar deviasi 6.91. Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol pada pretest diperoleh nilai maksimum 66.70 dan nilai minimum 40.00 dengan nilai rata-rata 56.67 dan standar deviasi 6.34. Selanjutnya, pada posttest terdapat perbedaan hasil belajar fikih antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran team teaching dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran solo teaching pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ummusshabri Kendari yang ditunjukkan dari hasil analisis uji t dimana nilai p-value (sig.) lebih kecil daripada alpha (0.05) atau p-value (0,043) < 0,05. Kemudian yang terakhir dari aspek afektif, kedua kelas sama-sama mengalami peningkatan. Namun peningkatan pada kelas kontrol cenderung mengalami fluktuasi meskipun pada beberapa pertemuan terakhir dapat meningkat kembali. Sedangkan peningkatan pada kelas eksperimen cenderung meningkat secara terus menerus pada setiap pertemuan. Selanjutnya pada aspek psikomotorik, pelaksanaan praktik shalat idain pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan hanya terdapat kurang dari 3 orang saja yang tidak baik atau sangat tidak baik dalam mempratikkan aspek niat, posisi tangan pada saat takbiratul ihram, dan bacaan atau doa diantara takbir baik pada rakaat pertama maupun pada rakaat kedua. Dalam penerapannya team teaching memberikan hasil yang berbeda pada hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan solo teaching. Dengan kata lain, hasil belajar siswa yang diajar dengan team teaching lebih baik daripada solo teaching, baik pada ranah kognitif, afektif, maupun pada ranah psikomotorik. Hal ini dapat dimaklumi mengingat keberadaan dua guru pada team teaching dapat memaksimalkan pemantauan perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.SI
Uncontrolled Keywords: Team Teaching, Solo Teaching, Hasil Belajar, Fikih
Subjects: Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 May 2018 03:04
Last Modified: 31 May 2018 03:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item