WAODDE HUSLIANA, NIM. 2010010701097 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BAUBAU KOTA BAUBAU TAHU 2011. Skripsi thesis, IAIN Kendari.
Text
COVER.docx Download (584kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (95kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (124kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (102kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (79kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (55kB) |
Abstract
ABSTRAK Waode Husliana, NIM. 2010010701097 “ Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melelui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Baubau dibimbing oleh ( Dra Rahmawati, M.Pd ) Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan beberapa metode pembelajaran Agama Islam yang digunakan pada jenjang pendidikan dasar. Hakikatnya tidak ada satupun metode yang dianggap efektif sebab masing-masing metode memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Penggunaan metode pemberian tugas dan rasitasi terikat oleh bebberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan yang menggunakan dan mengikuti metode tersebut, fasilitas pembelajaran dan situasi. Sasaran penelitian tentang masalah ini Guru dan siswa yang menjadi tujuan permasalahan di SD Negeri 3 Baubau dianggap sebagai orang yang berperan dalam penerapan metode pemberian tugas tersebut. Karena jenis penelitian ini bersifat kualitatif, maka penulis menggunakan metode penelitian lapangan ( field observation ) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, deskrips, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan ini menggunakan bentuk guru sebagai peneliti, penanggung jawab penuh penelitian tindakan adalah praktisi (guru). Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas, dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut 1. Pembelajaran dengan berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (72,2%), siklus II (86,1%), 2. Penerapan metode metode pemberian tugas belajar dan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pemberian tugas belajar sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra Rahmawati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Metode Pemberian Tugas DAN Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 07:16 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 07:16 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1232 |
Actions (login required)
View Item |