PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA PADA MTs KUSAMBI KAB. MUNA BARAT

RIMIN, NIM. 14010101057 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA PADA MTs KUSAMBI KAB. MUNA BARAT. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rimin,14010101057.“Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Pada MTs Kusambi Kab. Muna Barat”. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositin (CIRC) pada MTs Kusambi Kabupaten Muna Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak melalui penerapan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas VII 2 MTs Kusambi Kab. Muna Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan objek penelitian yakni siswa kelas VII 2 MTs Kusambi, Kab. Muna Barat yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penerapan model pembelajaran CIRC dilaksanakan berdasarkan langkah-langkah: (a) Membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang siswa secara heterogen, (b) Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran, (c) Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada kertas, (d) Setiap siswa membuat satu pertanyaan kemudian dijawab dengan cara berdiskusi, (e) Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok, (f) Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama, (g) Penutup. Selain mengikuti langkah-langkah tersebut dalam penelitian ini dilengkapi dengan format pengamatan guru dan siswa setiap kali pertemuan. 2) Hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VII 2 MTs Kusambi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajarn CIRC . Adapun hasil belajar Aqidah Akhlak dapat ditunjukkan pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 54.54% dengan nilai rata-rata adalah 66,90. Setelah melaksanakan tindakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 68.18% dengan nilai rata-rata adalah 71.22. Adapun pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 86.36% dengan nilai rata-rata 84.09. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 25.%, Kemudian dari siklus I ke siklus II sebesar 26.66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, CIRC, Hasil Belajar, dan Aqidah Akhlak
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:18
Last Modified: 15 Nov 2018 01:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item