PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 39 KONAWE SELATAN

SAVOAN, NIM. 13010101097 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 39 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Savoan, Nim. 13010101097 “Penerapan Model Pembelajaran Role Play Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 39 Konawe Selatan,” Hasil Penelitian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh : Dr. H. Herman, M.Pd.I). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Actian Research. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penggunaan model pembelajaran role play di kelas IX A Sekolah Menengah Pertama Negeri 39 Konawe Selatan Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperbaiki persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran, peningkatan profesionalisme dan menumbuhkan budaya akademik di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dan siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan pada seluruh siswa kelas IX A SMP Negeri 39 Konawe Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Alur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi dan (5) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak II siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes siklus dan lembar observasi bagi guru dan siswa dalam pelaksanaan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi Role Play dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX A SMP Negeri 39 Konawe Selatan. Berdasarkan hasil tes sebelum pelaksanaan tindakan ketuntasan klasikal hanya mencapai 30%. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 60% atau 12 siswa dari 20 siswa yang tuntas KKM atau memperoleh nilai lebih dari 75. Meningkat pada siklus II menjadi 90% tuntas secara klasikal, artinya 18 siswa dari 20 siswa tuntas KKM atau memperoleh nilai lebih dari 75. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi Role Play dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IX A SMP Negeri 39 Konawe Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Play, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Herman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Play, Hasil Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:42
Last Modified: 15 Nov 2018 01:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item