PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGIPEMBELAJARAN PICTUREAND PICTURE PADA MURID KELAS V SD NEGERI 47 LAMERORO KABUPATEN BOMBANA

MITA DESITASARI, NIM. 12010104010 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGIPEMBELAJARAN PICTUREAND PICTURE PADA MURID KELAS V SD NEGERI 47 LAMERORO KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mita Desitasari, NIM:12010104010, Judul: Peningkatan Hasil Belajar IPA Murid melalui Strategi Pembelajaran Picture and Picture pada Murid Kelas V SD Negeri 47 Lameroro Kabupaten Bombana, (Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I dan Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture pada murid kelas V SD Negeri 47 Lameroro Kabupaten Bombana?, 2) Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture pada murid kelas V SD Negeri 47 Lameroro Kabupaten Bombana?, 3) Apakah penerapan strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V di SD Negeri 47 Lameroro Kabupaten Bombana? Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 47 Lameroro Kabupaten Bombana pada kelas V pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah murid 26 orang.Prosedur penelitian terdiri dari:perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,evaluasi, refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan murid, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 75% murid memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil Penerapan model pembelajaran Index Card Match pada siswa kekas V di SDN 47 Lameroro pada siklus I pertemuan pertama Hasil aktivitas guru mencapai 78,57% ketidakaktifan mencapai 21,43%. Aktifitas siswa mencapai 78,57%, Ketidak aktifan mencapai 21,43% Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktifitas guru mencapai 85,71% Ketidakaktifan mencapai 14,43%. Aktifitas siswa mencapai 85,71%, Ketidakaktifan mencapai 14,43%Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua hasil aktivitas guru dan siswa mencapai 100% aktif. Sedangkan Hasil belajar yang diperoleh siswa kela V sebelum tindakan pada mata pelajaran IPA memperoleh presentase keberhasilan 34,61 dengan nilai rata-rata 61,26 setelah dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase nilai siswa siklus I yaitu 69,23% dengan nilai rata-rata 65,15. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase keberhasilan mencapai 80,76% dengan nilai rata-rata 69,80 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan. Adapun presentase kenaikan dari dari pra tindakan sampai pada siklus II yaitu 13,34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I dan Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar dan Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 Jan 2019 01:55
Last Modified: 31 Jan 2019 01:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item