PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 KONAWE SELATAN KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN

LA SALIADIN, NIM. 12010104012 (2016) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 KONAWE SELATAN KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK La Saliadin, NIM: 12010104012, Judul: “Penerapan Metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 2 Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan.” (Dosen Pembimbing Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 65 sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanyalah siswa yang yang berprestasi. Selain itu, kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran aktif, guru tidak menggunakan media yang mendukung dalam mengajar, dan tidak ada kerjasama antara guru dan siswa dan kurangnya perhatian guru terhadap siswa sehingga siswa merasa tidak termotivasi, antusias dalam belajar sehingga hasil belajar siswa rendah adapun tingkat keberhasilan masih mencapai 60%. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan menambah pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran ke metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar). Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B Di MIN 2 Konawe Selatan kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di MIN 2 Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan, sebanyak 2 siklus objek penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 23 siswa adapun siswa laki-laki berjulah 6 dan siswa perempuan berjumlah 17 siswa, adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, lember observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa dan peneliti. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta penerapan metode pembelajaran Picture and Picture, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, observasi, tindakan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode Picture and Picture pada materi sumber daya alam di Kelas V B MIN 2 Konawe Selatan berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil belajar siswa kelas V B MIN 2 Konawe Selatan, menunjukan nilai yang signifikan yaitu pada pra siklus hasil belajar siswa secara keseluruhan hanya mencapai 56.52%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 65.21%, kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, dengan memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal yang memuaskan yaitu pada siklus II perolehan nilai belajar siswa berjumlah 19 orang yang memperoleh nilai ≥ 65 dari jumlah 23 orang, dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82.60%. Dengan demikian hasil belajar siswa meningkat secara signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: PICTURE AND PICTURE, HASIL BELAJAR, MATA PELAJARAN IPA
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Sep 2017 01:18
Last Modified: 23 Sep 2017 01:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item