PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 18 BARUGA

Irmayanti, NIM 15010104080, I (2020) PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 18 BARUGA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irmayanti, NIM 15010104080, Penerapan Strategi Reading Guide dalam Meningkatan Kemampuan Memahami Isi Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 18 Baruga, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Batmang, M.Pd Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi teks wacana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi reading guide siswa Kelas V A SD Negeri 18 Baruga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Baruga. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan kemampuan siswa siswa dalam menguasi isi teks wacana. Skripsi ini menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide dapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks wacana siswa kelas V A SD Negeri 18 Baruga. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 54,29% dengan nilai rata-rata 75,46. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80,00% dengan nilai rata-rata adalah 80,03. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 91,43% dengan nilai rata-rata 83,71. Peningkatan kemampuan siswa kelas V A SD Negeri 18 Baruga dalam isi teks wacana dari pra siklus ke siklus I sebesar 47,36%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,29% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 68,41%, dengan demikian penerapan strategi reading guide dapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks wacana pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 18 Kendari. Kata Kunci: Strategi Reading Guide, Kemampuan Memahami, Isi Teks Wacana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Reading Guide, Kemampuan Memahami, Isi Teks Wacana
Uncontrolled Keywords: Strategi Reading Guide, Kemampuan Memahami, Isi Teks Wacana
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:18
Last Modified: 10 Aug 2020 02:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item