PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI WANDOKA KEC. WANGI-WANGI KAB. WAKATOBI

Wa Ode Yani, Nim 16010104008, W (2020) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI WANDOKA KEC. WANGI-WANGI KAB. WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wa Ode Yani, Nim 16010104008 Judul: Penarapan Mertode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MI Wandoka Kec.WangiWangi Kab.Wakatobi Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah banyak nilai peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih belum menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik merasa tidak termotivasi, antusiasi dalam belajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan baru, yaitu dengan mengubah motode pembelajaran dari metode konvensional ke metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan). Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Wandoka Kec.Wangi-Wangi Kab.Wakatobi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di MI wandoka Kec.Wangi-Wangi Kab.Wakatobi, sebanyak 2 siklus. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 peserta didik. Adapaun instrument yang digunakan yaitu dokumentasi, tes hasil belajar, lember observasi guru dan peserta didik. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor peserta didik, guru dan materi, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik mendapat nilai >70. Berdasarkan hasil Penerapan metode pembelajaran Index Card Match pada peserta didik kekas IV di MI Wandoka pada siklus I pertemuan pertama Hasil aktivitas guru mencapai 45,83%. Aktivitas peserta didik mencapai 50%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 51,04%. Aktivitas peserta didik mencapai 65,21%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 79,16%. Aktivitas peserta didik mencapai 86,95%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 82,29%. Aktivitas peserta didik mencapai 96,65%. Adapun Hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas IV sebelum tindakan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memperoleh presentase keberhasilan 23,80%, dengan nilai rata-rata 59,14. Setelah dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase nilai peserta didik siklus I yaitu 52,36% dengan nilai rata-rata 63,80. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan presentase keberhasilan mencapai 80,95% dengan nilai ratarata 71,90 atau peserta didik mendapat nilai >70 sebanyak 17 orang dan 4 orang belum mencapai nilai 70, maka metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE INDEX CARD MATCH, HASIL BELAJAR,
Subjects: Agama
Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 25 Nov 2020 08:05
Last Modified: 18 Feb 2021 00:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item