Mulpian, NIM. 15010104046,, M (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CART MATCH di KELAS IV SD NEGERI TABANGGELE KEC. ANGGALOMOARE KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mulpian, NIM. 15010104046,”Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui ModelPembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) Siswa Kelas IV SDN Tabanggele,” dibimbing Oleh Rasmi, S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan). pada siswa kelas IV SDN Tabanggele dan untuk mengetahui model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan objek penelitian yakni siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan aktivitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase 66,67% aktivitas siswa pertemuan pertama siklus I 75% Aktivtas guru siklus I pertemuan kedua 76,16% aktivitas siswa siklus I pertemuan kedua 90% Sedangkan aktivitas guru siklus II pertemuan pertama mencapai 85,71%, aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama 91,30% Aktivtas guru siklus II pertemuan kedua 91,66% Aktivtas siswa siklus II pertemuan kedua mencapai 95,66%.Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 61,45 persentase hasil belajar siswa mencapai 45,45%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 67,27 persentase hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 77,27%. Sedangkan pada siklus II peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 74,54% dengan presentase ketuntasan 86,36%. Peningkatan persentase setiap siklus 11,76% dan peningkatan persentase keseluruhan sebesar 90%. Kata Kunci : Model Indec Card Match (Mencari Pasangan), Aktivitas Guru dan Aktivitas Siswa, Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Model Indec Card Match (Mencari Pasangan), Aktivitas Guru dan Aktivitas Siswa, Hasil Belajar IPA |
Uncontrolled Keywords: | Model Indec Card Match (Mencari Pasangan), Aktivitas Guru dan AktivItas Siswa, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 03:40 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 03:40 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2937 |
Actions (login required)
View Item |