AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DAN PERAN ORANG TUA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 07 RAROWATU UTARA

Hepi Fitriyanti, NIM: 17010110019., H (2022) AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DAN PERAN ORANG TUA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 07 RAROWATU UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hepi Fitriyanti, NIM: 17010110019. Aktivitas Belajar Matematika dan Peran Orang Tua Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara, Dibimbing Oleh: Halistin, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui aktivitas belajar matematika siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara. (2) mengetahui peran orang tua siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara, Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 72 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar matematika siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara menerapkan pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp. Aktivitas belajar matematika siswa tertinggi terdapat pada indikator Writing Activities dengan persentase sebesar 22,20% dan aktivitas terendah yaitu pada indikator Emotional Activities yaitu sebesar 16,39%. Selama belajar daring, mayoritas siswa cenderung kurang fokus pada saat pembelajaran matematika secara daring berlangsung, membaca/mempelajari materi matematika, bertanya mengenai materi matematika, mencatat materi matematika, seringnya mengerjakan tugas matematika, sulitnnya siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, perasaan bosan, tidak senang dan merasa kesulitan pada saat pembelajaran matematika secara daring berlangsung. 2) Peran orang tua pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 07 Rarowatu Utara, mayoritas orang tua siswa cenderung berperan sebagai guru di rumah dalam membimbing serta mendampingi anak belajar matematika secara daring, berperan dalam memberikan nasehat dan motivasi agar anak selalu semangat dalam belajar matematika secara daring, menyediakan fasilitas serta lingkungan rumah yang nyaman agar anak selalu nyaman belajar di rumah, serta kurang dalam menambah wawasan pada mata pelajaran matematika. Peran orang tua yang belum maksimal yaitu orang tua masih kurang dalam menambah wawasan pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan orang tua merasa kesulitan mempelajari matematika, kurangnya waktu untuk belajar, ketidakpahaman orang tua menggunakan handphone serta kurangnya kesadaran orang tua untuk menambah wawasan pada mata pelajaran matematika. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peran orang tua yaitu latar belakang pendidikan orang tua, jenis pekerjaan orang tua, tingkat ekonomi orang tua, waktu yang tersedia dan jumlah anggota keluarga. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Matematika, Peran Orang Tua, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aktivitas Belajar Matematika, Peran Orang Tua, Pandemi Covid-19
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Matematika, Peran Orang Tua, Pandemi Covid-19
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Apr 2022 00:20
Last Modified: 07 Apr 2022 00:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item