UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR SISWA SDN 92 KENDARI

Selin Titania, Nim 17010104034,, S (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR SISWA SDN 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
HALAMAN JUDUL SELIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SELIN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2 SELIN.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 3 SELIN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 4 SELIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB 5 SELIN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SELIN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN SELIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Selin Titania, Nim 17010104034, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa SDN 92 Kendari, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Prof.Dr. H. Zulkifli M.M.SI, M.PD Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar siswa SDN 92 kendari dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa SD Negeri 92 kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Perilaku belajar siswa sangat beragam dalam belajarnya. Ada siswa yang berperilaku baik mengikuti peraturan yang ada saat belajar seperti mendengarkan guru dengan baik, mengerjakan tugas yang diberikan dan tidak mengganggu teman saat belajar. Serta ada siswa yang dalam belajarnya tidak mengikuti atau berperilaku kurang baik. Seperti sering mengganggu temannya saat sedang belajar, tidak fokus saat belajar bahkan sering mengabaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan berbagai alasan seperti lupa dan asik bermain. Perilaku yang dimiliki siswa disebabkan oleh pengaruh oleh temannya, lingkungan bahkan terpengaruh oleh lingkungan masyarakat yang mendukung tumbuh kembang anak. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa SD Negeri 92 kendari dapat diketahui dengan hasil pengamatan dan wawancara pelaksanaan pembelajaran. Guru tentunya memiliki kewajiban dalam membina dan mendidik siswa agar dalam akademik dan perilaku nya dapat meningkat tiap harinya. Khususnya pada perilaku belajar mereka, upaya seorang guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa yaitu melakukan variasi dalam pembelajaran dengan tujuan agar siswa tidak jenuh dan bosan saat belajar agar tingkat kefokusan siswa dapat tercapai, yang kedua dengan memberikan nasehat kepada siswa yang melanggar aturan yang berlaku saat belajar dengan tujuan agar siswa dapat sadar akan kesalahan yang mereka buat, memberikan hukuman kepada siswa berupa tugas tambahan atas perilaku yang kurang baik dalam belajarnya dengan tujuan agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang terjadi. Kata Kunci : Perilaku belajar, Siswa, Upaya Guru ABSTRAK Selin Titania, Nim 17010104034, teacher’s efforts in improving student learning behavior at SDN 92 Kendari, teacher education study program at Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah Fakultas And Teacher Training at the Kendari State Islamic Institut through guidance This study aims to describe the learning behavior of the student of SD Negeri 92 Kendari. This study used qualitative research methods. The types of data in this study are classified into primary data and secondary data. Data collection methods consist of interviews, observations, and documentation which are then analyzed by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data is carried out by extending observations, increasing persistence and triangulation Student learning behavior is very diverse in their learning. There are students who behave well following the existing rules while studyng, such as listening to the teacher well, doing the assigned tasks and not disturbing friends while studyng. And there are students whi in their learning do not follow or behave poorly. Such as often disturbing their friends while studyng and often ignoring assigments given by the teacher for various reasons such as forgetting and playing. The behavior of students is caused by the unfluence or friends, the surrounding environment and the community environment that supports children’s growth and development. The efforts made by the teacher in improving the learning behavior of the students of SD Negeri 92 Kendari can be seen from the results of observations and interviews on the implementation of learning. Teachers certainly have an obligation to foster and educate students so that their academic skills and behavior can improve every day. Especially in their learning behavior, a teacher’s effprts to improve student learning behavior are to make variations in learning with the aim that students are not bores and bore while studyng so that the level of student focus can be achieved, the second by giving advice to students who violate the rules that apply when studyng with the aim that students can be aware of the mistakes the make, punishment to students in the form of additional assignments for bad behavior in their studies with the aim that students do not repeat mistakes that occur Keywords : Student Learning Behavior, Teacher Efforts

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Perilaku belajar, Siswa, Upaya Guru
Uncontrolled Keywords: Perilaku belajar, Siswa, Upaya Guru
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:27
Last Modified: 12 Oct 2022 07:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item