PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 15 LALEMBUU KABUPATEN KONAWE SELATAN

Sufiani Ma’rifah, NIM:18010104027, S (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 15 LALEMBUU KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sufiani Ma’rifah, NIM:18010104027. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas V SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan, Pembimbing: Dr. La Hadisi S.A.g., M.Pd.I, dan Halistin M.Si Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui minat belajar pada pembelajaran ma tematika siswa di kelas V SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. (3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 15 Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan sebanyak 28 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif (mean, median, modus, varians dan standar deviasi, tabel kecenderungan), teknik analisis statistik inferensial (uji linearitas, normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), uji hipotesis (regresi linear sederhana, uji T, uji F, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) minat belajar pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri 15 Lalembuu berada pada kategori sedang, dimana indikator perasaan senang memiliki persentase tertinggi sebesar 82% dan indikator perhatian siswa memiliki persentase terendah sebesar 68%; 2) hasil belajar matematika berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 78%; 3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 15 Lalembuu memiliki kontribusi pengaruh sebesar 18,3%, hal ini termasuk dalam kategori sedang dan selebihnya 81,7% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika ABSTRACT Sufiani Ma'rifah, NIM: 18010104027. The Influence of Learning Interest on Students' Mathematics Learning Outcomes in Grade V of SD Negeri 15 Lalembuu, Konawe Selatan Regency, Supervisor: Dr. La Hadisi S.A.g., M.Pd.I, and Halistin M.Si The aims of this study were (1) to find out the interest in learning in thematic learning of students in class V SD Negeri 15 Lalembuu, South Konawe Regency. (2) To find out the learning outcomes in mathematics learning for fifth grade students at SD Negeri 15 Lalembuu, South Konawe Regency. (3) To determine the effect of interest in learning on mathematics learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 15 Lalembuu, South Konawe Regency. This study uses a survey research type with a quantitative approach. The research location is at SD Negeri 15 Lalembuu, South Konawe Regency. The population of this study were all fifth grade students at SD Negeri 15 Lalembuu, Konawe Selatan Regency with a total of 28 samples. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, questionnaires (questionnaire) and documentation. The data analysis techniques used were descriptive statistical analysis techniques (mean, median, mode, variance and standard deviation, trend tables), inferential statistical analysis techniques (linearity test, normality, heteroscedasticity, autocorrelation), hypothesis testing (simple linear regression, T test). , F test, coefficient of determination test). The results showed that; 1) interest in learning mathematics learning for fifth graders at SD Negeri 15 Lalembuu is in the medium category, where the indicator of feeling happy has the highest percentage of 82% and the indicator of student attention has the lowest percentage of 68%; 2) mathematics learning outcomes are in the medium category with a percentage of 78%; 3) the influence of interest in learning on mathematics learning outcomes for fifth grade students at SD Negeri 15 Lalembuu has a contribution of 18.3%, this is included in the medium category and the remaining 81.7% is influenced by other factors not examined in this study. Keywords: Interest in Learning, Mathematics Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:27
Last Modified: 28 Dec 2022 02:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item