PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV DI SDN 70 KENDARI

Nur Aningsih, NIM. 14010104025,, N (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV DI SDN 70 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Aningsih, NIM. 14010104025, Judul: Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas IV Di SDN 70 Kendari, Dibimbing Oleh: Dr. Muh. Shaleh, M.Pd. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Index Card Match mata pelajaran PAI di kelas IV SDN 70 Kendari, dan untuk mengetahui model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 70 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 siswa. Pada pra siklus sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 57,58% dengan nilai rata-rata 69. Tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 69,37% dengan nilai rata-rata 63,64. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 93,13% dengan nilai rata-rata 77,13. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 85,22% dan ktivitas siswa mencapai 84,52%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 89,77% dan aktivitas siswa mencapai 89,28%. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 94,31% dan aktivitas siswa mencapai 94,04%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 97,72% dan aktivitas siswa mencapai 97,61%. Kata Kunci: Model Index Card Match; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Index Card Match; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam;
Uncontrolled Keywords: Model Index Card Match; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:15
Last Modified: 29 Dec 2022 03:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item