PENERAPAN INFORMATION AND COMUNICATION TECHNOLOGY PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 KENDARI

Heni Sepianti, NIM. 14010103019, H (2022) PENERAPAN INFORMATION AND COMUNICATION TECHNOLOGY PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf

Download (742kB)

Abstract

Abstrak Heni Sepianti, NIM. 14010103019, (2021). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Penerapan Information and Communication Technology pada Proses Pembelajaran di SMA Negeri 5 Kendari. Dibimbing oleh bapak Badarwan, M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini membahas tentang bagaimana Penerapan Information and Communication Tehcnology pada Proses Pembelajaran di SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran menggunakan Information and Communication Tehcnology di SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa :1). Penerapan pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan multimedia pembelajaran dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan persiapan yang direncanakan, dilaksanakan, kemudian dievaluasi oleh guru mata pelajaran di SMA Negeri 5 Kendari. 2). Peningkatan kualitas belajar siswa di SMA Negeri 5 Kendari, dalam penerapan media pembelajaran berbasis ICT telah berjalan dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh kepala sekolah bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ICT telah tercermin dalam proses kegiatan belajar mengajar yang ada. Yang dimana guru dituntut untuk menyampaikan pembelajaran dengan berbagai tehnik dan metode yang tepat agar siswa dapat menerima informasi dengan baik pula. Kata Kunci : Information, Communication, Technology, Proses Pembelajaran. Abstract Heni Sepianti, NIM. 14010103019, (2021). Islamic Education Management Study Program, State Islamic Institute (IAIN) Kendari, Application of Information and Communication Technology in the Learning Process at SMA Negeri 5 Kendari. Supervised by Mr. Badarwan, M.Pd as supervisor I and Mr. Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd. M.Pd as supervisor II. This study discusses how to apply Information and Communication Technology in the Learning Process at SMA Negeri 5 Kendari. This study aims to describe how learning uses Information and Communication Technology at SMA Negeri 5 Kendari. This research is a qualitative research using several techniques, namely observation, interviews, and document studies. The data analysis method used is data reduction. Based on the results of research conducted by researchers found that: 1). The implementation of the implementation of ICT-based learning using learning multimedia can be said to have gone well, this can be seen with the preparations that are planned, implemented, and then evaluated by subject teachers at SMA Negeri 5 Kendari. 2). Improving the quality of student learning at SMA Negeri 5 Kendari, in the application of ICT-based learning media has been going well. This was emphasized by the principal that the application of ICT-based learning media has been reflected in the existing teaching and learning activities. Which is where the teacher is required to convey learning with various appropriate techniques and methods so that students can receive information well too. Keywords: Information, Communication, Technology, Learning Process.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Referensi Jurnal: Budi, Murtiyasa. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA 11 BandungVol.5 No 1. Budiman, Haris (2017). Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Pendidikan. Lampung: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 8. No. 1. Faiz, Ahmad (2015). Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Jakarta: Jurnal TI. Krisnadi. Elang (2013). Rancangan Materi Pembelajaran Berbasis ICT. Di sajikan dalam workshop pengembangan materi pembelajaran berbasis ICT di FMIPA UNY Kwartolo, Yuli (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur No. 4. Sardianto, (2013). Perancang Media Komunikasi Visual. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Yusuf. Muhammad (2011). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi pada UIN Alaudin Makassar, Jurnal Sulasana vol.6 no.2.
Uncontrolled Keywords: Referensi Jurnal: Budi, Murtiyasa. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA 11 BandungVol.5 No 1. Budiman, Haris (2017). Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Pendidikan. Lampung: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 8. No. 1. Faiz, Ahmad (2015). Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Jakarta: Jurnal TI. Krisnadi. Elang (2013). Rancangan Materi Pembelajaran Berbasis ICT. Di sajikan dalam workshop pengembangan materi pembelajaran berbasis ICT di FMIPA UNY Kwartolo, Yuli (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur No. 4. Sardianto, (2013). Perancang Media Komunikasi Visual. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Yusuf. Muhammad (2011). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi pada UIN Alaudin Makassar, Jurnal Sulasana vol.6 no.2.
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:00
Last Modified: 30 Dec 2022 07:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item