Heldawati, NIM. 10010103013 (2014) ANALISIS KINERJA GURU DALAM RENCANA STATEGIS (2007 -2011) SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Heldawati Nim. 10010103013. Analisis Kinerja Guru dalam Rencana Strategis (2007-2011) SMP Negeri 4 Kendari. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir.M.A., dan Aliwar, S.Ag, M.Pd. Analisis kinerja guru dalam rencana strategis SMP Negeri 4 Kendari, dengan permasalahan, a). Bagaimanakah gambaran kinerja guru di SMP Negeri 4 Kendari?, b). Bagaimanakah perencanaan strategis SMP Negeri 4 Kendari?, c). Bagaimanakah kinerja guru menurut renstra SMP Negeri 4 Kendari?. Tujuan penelitian ini adalah: a). Untuk mengetahui kinerja guru di SMP Negeri 4 Kendari, b). Untuk mengetahui perencanaan strategis SMP Negeri 4 Kendari, c). Untuk mengetahui kinerja guru menurut renstra SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan metode purposive snwoball sampling kepada kepala sekolah, dan dewan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengelolaan data ditempuh teknik reduksi data, display data verifikasi data, kemudian pengecekkan keabsahan data dengan validitas dan tranverbilitas menempuh pendekatan trianggulasi (metode, waktu dan sumber), perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, analisis kasus negatif, dan member cek. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Kinerja Guru SMP Negeri 4 Kendari yaitu: a). Perencanaan pembelajaran, b). Menerapkan langkah perencanakan pembelajaran, c). Menganalisis tujuan dan karakteristik pelajaran, d). Pemilihan dan penetapan strategi, e). Mengembangkan silabus pembelajaran, f). Melaksanakan dan mengelola pembelajaran, g). Mengevaluasi pembelajaran. 2). Perencanaan Strategis di SMP Negeri 4 Kendari dilakasanakan dengan langkah a) Pendahuluan, meliputi latar belakang, Tujuan dan Saran dan Visi dan Misi, b) Evaluasi Diri meliputi Analisis Lingkungan Eksternal dan Analisis Lingkungan Internal. 3). Kinerja guru menurut renstra SMP Negeri 4 Kendari dapat dicermati dari identifikasi tantangan nyata (kesenjangan yang ada dengan kondisi yang diharapkan), pada aspek standar isi Kurikulum, kinerja guru ditunjukkan dengan kondisi belum maksimal mencapai kondisi yang diharapkan oleh SMP Negeri 4 Kendari. Pada aspek standar proses, kinerja guru juga ditunjukan dengan kondisi belum maksimal mencapai kondisi yang diharapkan SMP Negeri 4 Kendari hal ini terlihat berdasarkan identifikasi tantangan nyata standar proses yang ditunjukkan guru. Kata Kunci: kinerja, renstra, guru, SMPN 4 Kendari, kualitatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St. Fatimah Kadir.M.A., dan Aliwar, S.Ag, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | KINERJA GURU, RENCANA STATEGIS |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 00:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 00:29 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/426 |
Actions (login required)
View Item |