PARENTING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK SETIA KEC. PONDIDAHA KAB. KONAWE

ENDANG NUR JUNITA, NIM: 17010105010., E (2023) PARENTING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK SETIA KEC. PONDIDAHA KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ENDANG NUR JUNITA, NIM: 17010105010. Parenting dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Setia kec. Pondidaha kab. Konawe (Dibimbing oleh: La Ode Anhusadar, S.Pd.I., M.Pd) Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di TK Setia (2) mengetahui gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survey deskriptif dengan analisis deskriptif persentase yang dilaksanakan di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orangtua dalam hal ini ibu dari anak usia 5-6 tahun di TK setia. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada beberapa bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di antaranya pola asuh otoriter sebanyak 20.00%, pola asuh demokratis sebanyak 56.66% dan pola asuh permisif sebanyak 23.33%. (2) Gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak sangat beragam, begitupun perkembangan sosial dalam hal ini yaitu bermain dengan teman sebaya, kerjasama, berbagi, menyelesaikan tugas dan mengenal tata krama dan sopan santun. Sesuai dengan hasil lembar observasi sebanyak 56.66% atau 17 anak sudah berkembang sangat baik (BSB) dalam perkembangan perilaku sosial dan dari hasil wawancara, orangtua lebih cenderung menerapkan pola asuh demokratis, sebanyak 36.66% atau 11 anak pada penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh permisif pada 7 anak dan 4 anak dengan pola asuh otoriter, sebanyak 6.66% atau 2 anak yang masih pada tahap mulai berkembang (MB) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh otoriter dan 0% atau tidak ada anak yang belum berkembang (BB) dalam perkembangan perilaku sosial anak. Dengan demikian pada penelitian ini perkembangan perilaku sosial yang baik bagi anak usia 5-6 tahun di TK Setia orangtua yaitu ibu cenderung menerapkan pola asuh demokratis. Kata Kunci: Parenting, Perkembangan Perilaku Sosial Anak & Anak Usia Dini ABSTRAK ENDANG NUR JUNITA, NIM: 17010105010. Parenting dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Setia kec. Pondidaha kab. Konawe (Dibimbing oleh: La Ode Anhusadar, S.Pd.I., M.Pd) Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di TK Setia (2) mengetahui gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survey deskriptif dengan analisis deskriptif persentase yang dilaksanakan di TK Setia Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orangtua dalam hal ini ibu dari anak usia 5-6 tahun di TK setia. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada beberapa bentuk parenting yang diterapkan orangtua pada anak usia 5-6 tahun di antaranya pola asuh otoriter sebanyak 20.00%, pola asuh demokratis sebanyak 56.66% dan pola asuh permisif sebanyak 23.33%. (2) Gambaran parenting terhadap perkembangan perilaku sosial anak sangat beragam, begitupun perkembangan sosial dalam hal ini yaitu bermain dengan teman sebaya, kerjasama, berbagi, menyelesaikan tugas dan mengenal tata krama dan sopan santun. Sesuai dengan hasil lembar observasi sebanyak 56.66% atau 17 anak sudah berkembang sangat baik (BSB) dalam perkembangan perilaku sosial dan dari hasil wawancara, orangtua lebih cenderung menerapkan pola asuh demokratis, sebanyak 36.66% atau 11 anak pada penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh permisif pada 7 anak dan 4 anak dengan pola asuh otoriter, sebanyak 6.66% atau 2 anak yang masih pada tahap mulai berkembang (MB) dalam perkembangan perilaku sosial anak orangtua menerapkan pola asuh otoriter dan 0% atau tidak ada anak yang belum berkembang (BB) dalam perkembangan perilaku sosial anak. Dengan demikian pada penelitian ini perkembangan perilaku sosial yang baik bagi anak usia 5-6 tahun di TK Setia orangtua yaitu ibu cenderung menerapkan pola asuh demokratis. Kata Kunci: Parenting, Perkembangan Perilaku Sosial Anak & Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Parenting, Perkembangan Perilaku Sosial Anak & Anak Usia Dini
Uncontrolled Keywords: Parenting, Perkembangan Perilaku Sosial Anak & Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:59
Last Modified: 23 Feb 2023 00:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item