KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA (SAMATURU) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN

MIRDAT, NIM:11010103047 (2015) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA (SAMATURU) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Mirdat, NIM. 11010103047, Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Budaya (Samaturu) dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA N. 10 Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Samrin, M. Pd.I Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus tentang kepemimpinan berbasis budaya (samaturu) terhadap kinerja guru di SMA Negeri 10 Konawe Selatan. Berbicara tentang kepemimpinan berbasis budaya(samaturu), yaitu terkait dengan langkah-langkah dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin sebuah sekolah, sedangkan kinerja guru terkait dengan upaya-upaya meningkatkan kinerja pengajaran. Adapun rumusan masalahnya meliputi: bagaimana kepemimpinan kepala sekolah berbasis budaya (samaturu) , dan bagaimana kinerja guru di SMA Negeri 10 Konawe Selatan?. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Adapun teknik pengecekan keabsahan data penulis menggunakan analisis perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, dan terakhir adalah melakukan member chek. Sementara itu, sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru-guru, tenaga perpustakaan dan tenaga administrasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat digambarkan bahwa kinerja guru di SMA Negeri 10 Konawe Selatan dapat dikategorikan baik, “ ikeni guru-guruno ine SMA Negeri 10 Konawe Selatan sebelum ro pombokonda’u, inaku nde lala umoliwi’iro aro pasadia’i hendeakono : program tahunan, program semester, silabus ronga RPP’no, aro kuasai’iki materi nggo-nggo pombokondauro iruangan, supaya ana sikolah aro orunggi pahamio. Begitupun halnya kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Konawe Selatan dikategorikan baik, hal tersebut dapat dilihat dengan adanya sikap samaturu atau kebersamaan dan sikap mepokoaso atau bersatu di SMA Negeri 10 Konawe Selatan. “Inawulakono o’guru, kupongoni ke’inggomiu ato mbepokoaso mbeindio, iyamo nonio lako ndesingga, ato mbesamaturuki jadi, inaku ronga o’guru-guruhako aki mberonga-rongaki moko meamboi indiomami” Adapun upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru antara lain memberikan motivasi, dorongan serta layanan-layanan yang dibutuhkan oleh seorang guru dalam meningkatkan hasil kinerja guru di SMA Negeri 10 Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Samrin, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN, KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA (SAMATURU), KINERJA GURU
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:27
Last Modified: 16 Oct 2017 06:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item