LISMAWAT, NIM.11010103050 (2015) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENDUKUNGPROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMPN 3 POLEANG KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (218kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (26kB) |
Abstract
ABSTRAK Lismawati, NIM: 11010103050,“manajemen sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di SMPN 3 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana”. FakultasTarbiyahDan Ilmu Keguruan Program StudiManajemen PendidikanIslam, melaluibimbinganDra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA,dan Kartini, S.Ag, M.HI Skripsi ini membahas tentang manajemensaranadanprasaranadalammendukung proses belajarmengajar di SMPN 3 PoleangKecamatanPoleangKabupatenBombana, dengan rumusanmasalahbagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar di SMPN 3 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana danapakahfaktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di SMPN 3 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Penelitianinibertujuanuntukuntukmengetahuimanajemen sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar di SMPN 3 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif. Tehnikpengumpulan data adalahwawancara, observasidandokumentasi.Manajemen sarana dan prasaranaadalahsuatuusahamengelolasemuakomponenperalatan yang secaralangsungmaupuntidaklangsungmenunjangjalannya proses pendidikanuntukmencapaitujuandalampendidikanitusendirisertadapatmemotivasisiswauntukbelajardenganbaiksesuaidengankemampuandankelengkapansarana yang ada. Sedangkanproses belajar mengajar yaitusegalaupayabersamaantara guru dansiswauntukberbagidanmengolahinformasi, denganharapanpengetahuan yang diberikanbermanfaatdalamdirisiswadanmenjadilandasanbelajar yang berkelanjutan, sertadiharapkanadanyaperubahan-perubahan yang lebihbaikuntukmencapaisuatupeningkatan yang positif yang ditandaidengankemauan siswa untukmengikuti kegiatan belajar mengajardan antusiassiswa dalammengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan bahwa manajemen sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Poleang meliputi dimensi pengadaan, pendayagunaan dan pemeliharaansarana dan prasarana. Dan masing-masing terdiri dari bidang perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan evaluasi sarana dan prasarana. Semua dimensi tersebut pada dasarnya telah dilakukan dengan baik, sekalipun masih ada hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan seperti pemeliharaan sarana dan prasarana yang maksimal dari warga Sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA,dan Kartini, S.Ag, M.HI |
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA, BELAJAR MENGAJAR |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 06:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 06:54 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
View Item |