LA USAHA, NIM. 13010104024 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB II.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB III.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
5.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
||
|
Text
6.BAB V.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama Penulis : La Usaha Nim : 13010104024 Pembimbing : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si Judul Penelitian : Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN 2 Konawe Selatan Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Namber Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN II Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IIIb MIN II Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIb MIN II Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data tersebut dikumpulkan dengan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe tipe Namber Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)pada siswa kelas IIIB MIN II Konawe Selatan pada materi Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I, 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II.dan untuk guru (peneliti) senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR,NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 07:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 07:47 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/611 |
Actions (login required)
View Item |