NUR ASNA, NIM : 12010104003 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BOBOLIO KECAMATAN WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (701kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NUR ASNA, NIM. 12010104003, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bobolio Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe, dibimbing oleh Erdiyanti, S. Ag, M.Pd dan Dr. Imelda Wahyuni, M. Pd.I Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV, tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di SDN 1 Bobolio Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe. Kedua, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas IV dengan jumlah 11 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran IPS, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar dikelas. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, data hasil belajar dikumpulkan melalui teknik tes. Penelitian ini menemukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV di SDN 1 Bobolio Wawonii Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu nilai hasil awal siswa hanya mencapai 54,54%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 57,27% akan tetapi belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 65%, maka dilanjutkan pada siklus II, siswa memperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 67,72%, dengan perolehan presentase tersebut maka tindakan cukup sampai pada siklus II karena tindakan sudah berhasil mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu (65%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Erdiyanti, S. Ag, M.Pd dan Dr. Imelda Wahyuni, M. Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR IPS , MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MAKE A MATCH |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 18 Nov 2017 02:57 |
Last Modified: | 18 Nov 2017 02:57 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/695 |
Actions (login required)
View Item |