MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 12 KENDARI

HAJRAH, NIM. 13010101125 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 12 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hajrah NIM.13010101125 “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 12 Kendari’’ (Dibimbing oleh: Dr, Abdul Kadir, M.Pd) Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media audio visual dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat pada satu siklus yang dilakukan berulang dengan laangkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada penyampaian materi dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media audio visual mengalami peningkatan, terlihat dari nilai rata-rata sebelum dilakukan tindakan adalah 66,72 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 48,48 %, setelah penerapan media audio visual maka hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 72,12 dengan persentase ketuntasan klasikal 75,70 % dan pada siklus II nilai rata-rata 86,36 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,54 %. Maka, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam materi “hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan”, pada siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr, Abdul Kadir, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MEDIA AUDIO VISUAL
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Dec 2017 06:36
Last Modified: 15 Dec 2017 06:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item