PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL MUHAJIRIN KENDARI

RIANTO, NIM. 12010103045 (2017) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL MUHAJIRIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIANTO, NIM. 12010103045, Judul: Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kendari. (Dibimbing Oleh: Syahrul, S.Pd.I., M.Pd) Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembejaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Kepala madrasah dan guru merupakan faktor penting dalam keberhasilan sehingga adanya kerja sama dan komunikasi yang intensif dari keduanya dalam peningkatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik kepala Madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam perencanaan pembelajaran guru meliputi perumusan tujuan pembelajaran, mengorganisir materi pembelajaran, penggunaan sumber belajar dan pemeriksaan atau pengecekan RPP guru, 2) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan pembelajaran guru meliputi membuka pembelajaran, contoh dalam menyajikan materi pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, pemamfaatan media pembelajaran, penggunaan bahasa yang komunikatif, penarikan kesimpulan dan umpan balik serta menutup pembelajaran, 3) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam evaluasi pembelajaran guru meliputi: penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan soal-soal pembelajaran, penggunaan strategi/metode penilaian, pemeriksaan jawaban penilaian belajar siswa dan menganalisis jawaban siswa. Tindak Lanjut dari supervisi akademik kepala madrasah: guru yang tidak melengkapi perangkat terhadap ditunda pembayaran honornya, memberikan jangka waktu untuk sama melengkapi perangkat pembelajaran guru. Kepala madrasah mereview hasil temuannya dikelas. Guru diberikan kesempatan untuk diikut sertakan dalam pelatihan seperti BIMTEK, UKG maupun workshop. Kepala madrasah melakukan penilaian ulang hasil penilaian yang guru lakukan, berkonsultasi dan membangun kerja dengan pihak pengawas madrasah Kata Kunci: Supervisi Akademik , kepala madrasah dan Tindak Lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syahrul, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik , kepala madrasah dan Tindak Lanjut
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:34
Last Modified: 20 Dec 2017 07:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item