MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI'IYAH KOTA KENDARI SKRIPSI

NORMA YUNITA, NIM. 13010104027 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI'IYAH KOTA KENDARI SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penulis : Norma Yunita Nim : 13010104027 Judul Skripsi : Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas V MI Asy-Syafi'iyah Kota Kendari (Pembimbing Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA) xii Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Asy-Syafi'iyah Kota Kendari . Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari Penelitian Tindakan Kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Asy-Syafi'iyah Kota Kendari pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas dan data hasil belajar IPA. Data aktivitas dikumpulkan dengan teknik observasi dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V MI Asy-Syafi'iyah Kota Kendari dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hal ini dilihat dari persentase pencapaian aktivitas setiap siklus. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan persentase aktivitas 57,81% dengan kategori kurang baik meningkat menjadi 82,81% berkategori baik pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dari siklus I dengan persentase aktivitas 76,47% dengan kategori baik dan meningkat menjadi 88,23% berkategori sangat baik pada siklus II. Selain itu penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Asy-Syafi'iyah Kota Kendari. Nilai rata-rata siklus I adalah 71,21 dengan persentase ketuntasan 60,71%. Hasil pelaksanaan model pembelajaran Index Card Match pada siklus I hasil belajar masih menunjukkan hasil yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena siswa masih terbiasa dengan cara belajar lama yang cenderung didominasi oleh peran guru. Melalui tahap refleksi ditemukanlah berbagai kekurangan dan kelemahan kemudian di perbaiki pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,6 dengan persentase ketuntasan 82,14%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Index Card Match, Pembelajaran IPA dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Jan 2018 01:17
Last Modified: 08 Jan 2018 01:17
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item