OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI GROUP FACEBOOK KENDARI JUAL BELI DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (STUDI GERAI HANDPHONE PASAR PANJANG KOTA KENDARI)

Katon Ardiansyah. NIM 17050101095., K (2022) OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI GROUP FACEBOOK KENDARI JUAL BELI DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (STUDI GERAI HANDPHONE PASAR PANJANG KOTA KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Katon Ardiansyah. NIM 17050101095. Optimalisasi Pemasaran Melalui Group Facebook Kendari Jual Beli Dalam Peningkatan Pendapatan UMKM (studi Gerai Handphone Pasar Panjang Kota kendari). Dibimbing oleh Dr. Husain Insawan M.Ag & Nurjannah Skom., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan group facebook Kendari Jual Beli (KJB) dalam meningkatkan pendapatan gerai handphone sebagai media pemasaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan,pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan Studi Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data ,penyajian data, klasifikasi data dan verifikasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, tiangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan menggunakan group facebook Kendari Jual Beli (KJB) sebagai media pemasaran dilakukan dengan cara marketing mix yaitu meliputi: Pertama, Produk yang ditawarkan meliputi barang fisik atau jasa. Kedua harga yang akan ditetapkan oleh para Gerai Handphone. Ketiga, Tempat yang diartikan sebagai tempat pelayanan barang mengenai lokasi pelayanan untuk penyerahan barang kepada pelanggan. Keempat, Promosi yang merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam menjual sebuah produk. Adanya faktor yang mempengaruhi masyarakat tertarik menggunakan kendari jual beli (KJB) sebagai media pemasran online yaitu, banyak kemudahan yang dirasakan serta memberikan manfaat bagi konsumen. Pandangan ekonomi syariah terkait jual beli online yang dilakukan di group facebook Kendari Jual Beli (KJB) yaitu penjualan on-line merupakan hal yang dapat diperkenankan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari transaksi dari model penjualan seperti ini. Sementara itu asas yang dijadikan sebagai ipedoman idalam imelakukan itransaksi iyaitu iat-tauhid, istiklaf, al- ihsan, al-amanah, ash-shiddiq, ial-adl, ial-khiyar, iat-ta’wun, ikeamanan dan keselamatan, dan at-taradhin. Kata Kunci : Optimalisasi Pemasaran; Peningkatan Pendapatan; Ekonomi Syariah ABSTARCT Katon Ardiansyah. NIM 17050101095. Marketing Optimization Through Kendari Facebook Group Buying and Selling in Increasing UMKM Income (Study of Mobile Outlets in Kendari City Long Market). Supervised by Dr. Husain Insawan M.Ag & Nurjannah Skom., M.Pd This study aims to determine the optimization of the use of the Kendari Jual Beli (KJB) facebook group in increasing the revenue of cellphone outlets as a marketing medium. This type of research is a qualitative research using field research methods, case study approach. Data collection techniques used are involved observation, in-depth interviews and Documentation Studies. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, data classification and verification by testing the validity of the data using source triangulation techniques, technical poles, and time triangulation. The results showed that, by using the Kendari Jual Beli (KJB) facebook group as a marketing medium, it was carried out by means of a marketing mix which included: First, the products offered included physical goods or services. Both prices will be set by the Mobile Outlets. Third, place which is defined as a place of service of goods regarding the location of services for delivery of goods to customers. Fourth, promotion is one of the success factors in selling a product. There are factors that influence people to be interested in using buying and selling vehicles (KJB) as an online marketing medium, namely, many conveniences are felt and provide benefits for consumers. The view of sharia economics related to online buying and selling carried out in the Kendari Jual Beli (KJB) facebook group, namely on-line sales is something that can be allowed in accordance with technological developments and advances, considering the many benefits that can be obtained from transactions from a sales model like this. Meanwhile, the principles that are used as guidelines in conducting transactions are iat-tawhid, iistiklaf, ial-ihsan, ial-amanah, iash-shiddiq, ial-adl, ial- khiyar, iat-ta'wun, isecurity idan taradin. Keywords: Marketing Optimization; Increased revenue; Islamic Economy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Optimalisasi Pemasaran; Peningkatan Pendapatan; Ekonomi Syariah
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pemasaran; Peningkatan Pendapatan; Ekonomi Syariah
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:48
Last Modified: 31 Aug 2022 00:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item View Item