KINERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL MUKHLISIN KEL. KADIA KEC. KADIA KOTA KENDARI

ELPIANA, NIM. 08010101007 (2012) KINERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL MUKHLISIN KEL. KADIA KEC. KADIA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER ELPI.docx

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK ELPI.docx

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTARQ.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I PROPOSALKU.docx

Download (122kB)
[img] Text
BAB II PROPOSALKU.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III PROPOSAL KUALI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB III PROPOSALKU.docx

Download (32kB)
[img] Text
Bab IV ELPI.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP ELPI.docx

Download (12kB)
[img] Text
DATA INFORMAN.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Elpiana, Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Darul Mukhlisin Kel. Kadia Kec. Kadia Kota Kendari. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Sodiman, M.Ag. Penelitian ini bermaksud mengemukakan secara kualitatif tentang Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Mukhlisin Kota Kendari. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja guru Aqidah Akhlak MTs Darul Mukhlisin, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Mukhlisin, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Mukhlisin Kota Kendari. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data berasal dari kepala sekolah, guru, guru Aqidah Akhlak, pengasuh pondok dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan penulis melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan triangulasi data dan member check. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru MTs Darul Mukhlisin memiliki kinerja yang baik dengan adanya kemampuan membuat perencanaan dan persiapan mengajar, penguasaan materi yang akan diajarkan kepada siswa, penguasaan metode dan strategi mengajar, kemampuan mengelola kelas, serta kemampuan melakukan penilaian dan evaluasi. Begitupun gambaran prestasi belajar siswa di MTs Darul Mukhlisin cukup bagus, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar melalui nilai rapor, dan out put yang telah diluluskan di sekolah tersebut. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain, faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal meliputi faktor intelegensi dan minat. Sedangkan faktor eksternal meliputi Guru yang profesional dalam mengajar, pengunaan metode yang tepat. dan adanya dorongan dari pengasuh pondok. Dengan demikian, agar tercapai hasil belajar siswa yang maksimal, maka guru harus senantiasa memacu kinerja dan kualitas diri dengan cara mengikuti berbagai macam kegiatan keguruan, begitupun tidak kalah pentingnya adalah menjalin kerjasama yang sinergis antara berbagai pihak, baik dari pihak pondok, maupun sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Prestasi Belajar
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 16 Nov 2017 01:39
Last Modified: 16 Nov 2017 01:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item