KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTs NEGERI 1 KOLAKA

D A R W I S A, NIM. 16040202003 (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTs NEGERI 1 KOLAKA. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (88kB)

Abstract

ABSTARAK Darwisa, 16040202003, Kompetensi Paedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Negeri 1 Kolaka, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pembimbing I. Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si., Pembimbing II. Dr. Ambar Sri Lestari, M. Pd Penelitian ini disusun berdasarkan fenomena yang terjadi pada kompetensi paedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika terhadap kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Kolaka. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling selanjutnya menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Negeri 1 Kolaka sudah terlaksana. Hal itu berdasarkan indikator bahwa guru memiliki wawasan kependidikan, memahami peserta didik, menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan belum mamanfaatkan media pembelajaran secara maksimal. Kedua, faktor pendukung pengembangan terdiri faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru, dan semagat kerja guru. Faktor eksternal terdiri dari sarana pembelajaran dan pengawasan kepala madrasah. Sedangkan untuk faktor penghambat terdiri dari biaya, sarana dan prasarana, dan penyusunan RPP. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah dilakukan secara optimal. Upaya yang dilakukan oleh madrasah diantaranya melakukan supervisi, dan memberikan motivasi dalam bentuk pemberian reward serta penghargaan. Sedangkan upaya yang dilakukan guru PAI sendiri yaitu menambah pengetahuan tentang pendidikan dan mengikuti organisasi keguruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si., dan Dr. Ambar Sri Lestari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 09 Oct 2018 05:52
Last Modified: 09 Oct 2018 05:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item