PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS ASY-SYAFI’IYAH KENDARI

MARTINI, NIM. 13010104011 (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS ASY-SYAFI’IYAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MARTINI, NIM. 13010104011 “Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Team Games Taurnamen) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIS Asy-Syafi’Iyah Kendari” (di bimbing oleh Dr.Samrin, M.Pd.I). Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Team Games Taurnamen). Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari dapat ditingkatkan melalui penerapan model kooperatif tipe TGT (Team Games Taurnamen). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan - tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil belajar IPA. Data tersebut dikumpulkan dengan tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 43 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes siklus I dan II, setelah memberikan tindakan dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan prosedur penelitian ini terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT (Team Games Taurnamen) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari. Siklus I sebanyak 30 siswa tuntas hasil belajarnya yaitu memperoleh nilai ≥ 70. Sedangkan sebanyak 13 siswa tidak tuntas hasil belajarnya karena memperoleh nilai ≤ 70. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 60,58 menjadi 73,25. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 69,76%. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus II. Sebanyak 40 siswa mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan dengan perolehan nilai ≥ 70. Presentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 93,02%. Rata-rata nilai hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 73,25% pada siklus I menjadi 80,58% pada siklus II. Ketuntasan belajar siklus I dan siklus II memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 23,26%. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar, IPA Siswa Kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Samrin, M.Pd.I).
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar, IPA Siswa Kelas IV MIS Asy-Syafi’iyah Kendari
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:38
Last Modified: 08 Nov 2018 01:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item