PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KELAS IV SD NEGERI 11 BAMBAEA KABUPATEN BOMBANA

Nur Madinah, NIM 18010104086,, N (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KELAS IV SD NEGERI 11 BAMBAEA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Skripsi Nur madinah_COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_BAB I_2.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_BAB II_3.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_BAB III_4.pdf

Download (974kB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_BAB V_6.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_DAPUS_7.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Skripsi Nur madinah_LAMPIRAN_8.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Madinah, NIM 18010104086, Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas IV SD Negeri 11 Bambaea Kabupaten Bombana. Dibimbing oleh Pembimbing 1 Ibu Dra Marlina M.Pd.I., Pembimbing 2 Ibu Aisyah Mu’min S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di kelas IV SD Negeri 11 Bambaea (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti kelas IV SD Negeri 11 Bambaea menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukan penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti. Peningkatan dapat ditunjukkan dari nilai pra siklus sampai siklus II. Dimana hasil pra siklus sebelum pelaksanaan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 33,33% dengan nilai rata-rata 62,33. Kemudian dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 60% dengan nilai rata-rata 78,33. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II, yang mana hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,66% dengan nilai rata-rata 87,66. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick SD Negeri 11 Bambaea ABSTRAK Nur Madinah, NIM 18010104086, Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas IV SD Negeri 11 Bambaea Kabupaten Bombana. Dibimbing oleh Pembimbing 1 Ibu Dra Marlina M.Pd.I., Pembimbing 2 Ibu Aisyah Mu’min S.Ag, M.Pd This study aims (1) to determine the application of the Talking Stick learning model in improving learning outcomes of Islamic Religion & Morals Education in grade IV SD Negeri 11 Bambaea (2) To determine the improvemen of student learning outcomes in the subjects of Islamic Education & Morals in class IV SD Negeri 11 Bambaea uses the Talking Stick learning model. This research is a classroom action research conducted in 2 cycles. The procedure o this research includes planning, implementation, observation and reflection. Data were obtained through observation, interviews, tests and documentation which were analyzed qualitatively and quantitatively. The subjects of this study were fourth grade students. The results of the study show that the application of the Talking Stick model can improve student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education & Morals. The increase can be shown from the pre cycle value to the second cycle. Where the results of the pre-cycle before the implementation of the student's mastery action only reached 33.33% with an average value of 62.33. Then the first cycle of action showed an increase in learning outcomes, learning completeness reached 60% with an average value o 78.33. However, it has not yet reached the indicator of success, which is 85%. So it was continued in the second cycle, where student learning outcomes increased to 86.66% with an average value of 87.66. Keywords: Talking Stick Learning Model SD Negeri 11 Bambaea

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran Talking Stick SD Negeri 11 Bambaea
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Talking Stick SD Negeri 11 Bambaea
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:11
Last Modified: 09 Aug 2022 08:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item