PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA

Lita Dwi Hasjaya, NIM. 18010107016, L (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (688kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lita Dwi Hasjaya, NIM. 18010107016 Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara, Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc, dan Ibu Nourma Yulita, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar IPA di SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara, (3) Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara, (4) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Motui sebanyak 108 siswa, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 52 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi) dan uji hipotesis (uji regresi linear berganda, uji F simultan, uji t, dan uji koefisien determinasi). Hasil penenlitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Motui memiliki rata-rata sebesar 72,81 dengan kategori rendah, Disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Motui memiliki rata-rata sebesar 67,83, dengan kategori sedang, Hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Motui memiliki rata-rata sebesar 77,98, dengan kategori sedang, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai signifikan (0,043 < 0,05), dengan kontribusi sebesar 15,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau motivasi belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar IPA, (3) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai signifikan (0,041 < 0,05), dengan kontribusi sebesar 20,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X2) atau disiplin belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar IPA, (4) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai Fhitung 3,683 > Ftabel 3,18, dengan kontribusi sebesar 50,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau motivasi belajar dan variabel (X2) atau disiplin belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar IPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar. ABSTRACT Lita Dwi Hasjaya, NIM. 18010107016 Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara, Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc, dan Ibu Nourma Yulita, S.Pd., M.Pd. This study aims to determine: (1) To determine learning motivation, learning discipline and science learning outcomes at SMP Negeri 1 Motui, North Konawe Regency, (2) To determine the effect of learning motivation on science learning outcomes in students of SMP Negeri 1 Motui, North Konawe Regency. , (3) To determine the effect of learning discipline on science learning outcomes in students of SMP Negeri 1 Motui, North Konawe Regency, (4) To determine the effect of motivation and learning discipline on science learning outcomes in students of SMP Negeri 1 Motui, North Konawe Regency. This research is a quantitative research. The population in this study were all students in SMP Negeri 1 Motui as many as 108 students, the samples used in this study were 52 samples. Data collection techniques in this study used a questionnaire and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis technique, prerequisite test (normality test, linearity test, heteroscedasticity test, multicollinearity test, and autocorrelation test) and hypothesis testing (multiple linear regression test, simultaneous F test, t test, and coefficient of determination test). The results of the study show that: (1) The learning motivation of the students of SMP Negeri 1 Motui has an average of 72,81 in the low category, The learning discipline of the students of SMP Negeri 1 Motui has an average of 67,83, in the medium category, Student learning outcomes of SMP Negeri 1 Motui have an average of 77,98, with a moderate category, (2) There is an influence of learning motivation on students' science learning outcomes with a significant value (0,043 < 0,05), with a contribution of 15,2%, so it can be concluded that the variable (X1) or learning motivation has an effect on the variable (Y) or science learning outcomes, (3) There is an influence of learning discipline on students' science learning outcomes with a significant value (0,041 < 0,05), with a contribution of 20,2%, so it can be concluded that the variable (X2) or learning discipline has an effect on the variable (Y) or science learning outcomes, (4) There is an influence of learning motivation and learning discipline on students' science learning outcomes with Fcount 3,683 > Ftable 3,18, with a contribution of 50,9%, so it can be concluded that the variable (X1) or learning motivation and the variable (X2) or learning discipline affect the variable (Y) or science learning outcomes. Keywords: Learning Motivation, Learning Discipline, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:18
Last Modified: 10 Oct 2022 02:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3939

Actions (login required)

View Item View Item