PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI KELAS IV SDN 1 LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPTEN BOMBANA

RENI ARIANI, NIM.10010101057 (2012) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI KELAS IV SDN 1 LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPTEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (45kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.doc

Download (31kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR ISI RENI.doc

Download (58kB)
[img] Text
BAB 1 -ANI.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II -ANI.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV RENI.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-ANI.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran 1 TES AWAL.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 2 RPP Siklus I.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 3 LKS Siklus I Pem 1 & 2.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 4Tes Hasil Belajar.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 5 Observasi Keg. Siswa.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 6 Observasi Keg. Guru.docx

Download (18kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK Reni Ariani, 10010101057. Dengan Judul skripsi .“ Penerapan Model Learning cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Kelas IV SDN 1 Lampopala Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana pada Materi Malaikat,” Dibimbing oleh Aliwar, S.Ag., M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi karena kehidupan dan peradaban manusia senantiasa mengalami perubahan. Untuk merespon fenomena itu, manusia berpacu mengembangkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui penyempurnaan kurikulum. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Model pembelajaran yang lebih banyak ‘memberdayakan’ siswa (model pembelajaran yang student centre), serta model pembelajaran yang tidak hanya ‘urusan’ transfer ilmu pengetahuan belaka, tetapi juga memperhatikan relevansi matapelajaran terhadap kehidupan sehari-hari siswa agar motivasi siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat adalah model Learning cycle. Pembelajaran ini juga mampu melatih siswa belajar dalam team work. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif, Peneliti berkolaburasi dengan guru mata pelajaran PAI Penelitian dilaksanakan 4 pertemuan dan 2 tes hasil belajar, pada setiap akhir pertemuan, siswa diberi tes yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar terhadap materi setelah tindakan dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Lampopala. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Lampopala yang berjumlah 20 Murid. Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendiskripsikan bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model Learning Cycle. 2) Mendiskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas model Learning Cycle materi peluang. 3) Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model Learning Cycle. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa aktivitas siswa yang dominan muncul adalah mengerjakan tugas Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model Learning Cycle dilakukan dengan optimal. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model Learning Cycle dalam kategori “ baik ”, Prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa meningkat yaitu dilihat dari hasil tes I rata-rata ketuntasan hanya 52,4 menjadi 75 rata-ratanya pada hasil tes II. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Learning Cycle adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Learning cycle , Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 01 Nov 2017 00:55
Last Modified: 01 Nov 2017 00:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item