MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KENDARI

MISWATI, NIM : 13 01 01 01 030 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miswati, Nim. 13010101030, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kendari. (Dibimbing Oleh: La Hadisi, S.Ag., M.Pd. I). Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang terjadi di kelas VII MTs Negeri 1 Kendari. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe make a-match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kendari. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research). Adapun faktor yang diteliti yaitu guru, peserta didik. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kegiatan tersebut dilakukan pada siklus I dan II. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Sedangkan pengolahan data ditempuh dengan analisis hasil refleksi dari kegiatan prasiklus,siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan mencapai kategori nilai 71 dalam hal ini siswa dinyatakan mencapai keberhasilan belajar secara perorangan, dan dikatakan telah mencapai keberhasilan belajar secara klasikal apabila siswa telah mendapatkan keberhasilan dengan kategori 85 % dari jumlah siswa yang ada. Berdasarkan kondisi di lapangan, maka diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perolehan nilai rata-rata siswa pada kegiatan prasiklus mencapai 68,43. Berdasarkan ketuntaan klasikal maka nilai tersebut belum mencapai standar yang ditetapkan, selanjutnya pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 86,11 setelah diberikan tindakan pada pertemuan saat pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian tindakan ke siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas mencapai 87,82 . Adapun persentase keberhasilan dalam penerapan pembelajaran dari prasiklus ke siklus I sebesar 25, 84 %. Kemudian diberikan tindakan siklus II juga terjadi peningkatan persentase sebesar 1,98 %. Dengan demikian persentase dari prasiklus sampai ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan secara keseluruhan terjadi peningkatan persentase sebesar 28,33 %. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a-match materi iman kepada malaikat kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: La Hadisi, S.Ag., M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MAKE A-MATCH
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:56
Last Modified: 07 Nov 2017 02:56
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item