HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA BIDIKMISI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KENDARI

WENY LISTYA JAYANTI, NIM. 13 01 01 01 126 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA BIDIKMISI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Weny Listya Jayanti, NIM.13010101126. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari”, Hasil Penelitian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si). Penelitian ini berjudul hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, dengan permasalahan, 1). Bagaimana gambaran motivasi belajar mahasiswa Bidikmisi tahun ajaran 2016/2017 dalam mengikuti kegiatan belajar bahasa Arab di Ma’had Al-Jamiah IAIN Kendari?, 2). Bagaimana gambaran prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi tahun ajaran 2016/2017 di Ma’had Al-Jamiah IAIN Kendari?, dan 3). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi tahun ajaran 2016/2017 di Ma’had Al- Jami’ah IAIN Kendari ?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pola analisis statistik, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bidikmisi angkatan tahun 2015 yang berjumlah 40 orang. Karena populasi kurang dari 100, maka ditetapkan sampel dari populasi tersebut adalah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a). Analisis deskripsi presentase variabel X dan Y, b) Uji normalitas data variabel X dan Y, c) Menentukan angka indeks korelasi, d). Menentukan koefisien determinasi (r squer), dan pengujian hipotesis uji signifikan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data varibel X menunjukan nilai Mean = 61,48 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi, yakni 24 = 60% berada pada interval presentase 61-80%, dengan demikian ini umumnya menunjukan motivasi belajar bahasa Arab di Ma’had A-Jami’ah IAIN Kendari pada kategori tinggi, 2). Analisis deskriptif data varibel Y menunjukan nilai Mean =81,2 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi, yakni 20 = 50% berada pada interval presentase 61-80%, dengan demikian ini umumnya menunjukan prestasi belajar bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari pada kategori tinggi, 3). Analisis inferensial menunujukan tidak terdapat hubungan signifikan, hasil ini karena rhitung < r tabel (0,16 < 0,320) berbanding lurus uji signifikan t hitung < t tabel (1 < 1,685), maka H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, dengan besar r Squer 2,5%, sedangkan sisanya 97,5% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR DAN BAHASA ARAB
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:10
Last Modified: 13 Dec 2017 03:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item