PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 GU KECAMATAN GU KABUPATEN BUTON

IRNAWATI, NIM : 10010101070 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 GU KECAMATAN GU KABUPATEN BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK IRNAWATI, NIM. 10010101070, dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Gu Kecamatan Gu Kabupaten Buton” yang di bimbing oleh Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M. Pd. I sebagai pembimbing I dan Erdiyanti, S. Ag, M. Pd sebagai pembimbing II. Hasil penelitian ini mengangkat permasalahan “ Apakah melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIIA SMP Negeri 1 Gu Kecamatan Gu Kabupaten Buton ?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas VIIA dengan jumlah 20 siswa dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama II siklus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil obsevasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa. Sebagai indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 80 % siswa telah mencapai nilai 70 sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, maka kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA. Hal ini ditunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu nilai awal siswa hanya mencapai 45 % dengan nilai rata-rata 66,25, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hanya mencapai 65 % dengan nilai rata-rata 70 akan tetapi belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80 %, maka dilanjutkan kembali pada siklus II sehingga pada siklus ke II siswa memperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85 % dengan perolehan persentase tersebut maka tindakan cukup sampai pada siklus II karena tindakan sudah berhasil mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kata Kunci : Index Card Match, Hasil Belajar, Siswa, PAI, SMPN 1 Gu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M. Pd dan Erdiyanti, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: : Index Card Match, Hasil Belajar, Siswa, PAI, SMPN 1 Gu
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:23
Last Modified: 24 Jan 2018 02:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item