STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN (Studi Kasus Pada SMAS Integral Hidayatullah Kendari)

BASUKI RAHMAT, NIM. 16040201011 (2018) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN (Studi Kasus Pada SMAS Integral Hidayatullah Kendari). Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (538kB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pembiayaan adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembiayaan sekolah agar mencapai tujuan yang ditetapkan. Mutu pendidikan adalah derajat keunggulan dalam pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien untuk melahirkan keunggulan akademis dan ekstra kulikuler pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa strategi peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan orang tua siswa di SMAS Integral Hidayatullah Kendari. Analisis data terdiri atas tiga tahapan penting, yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Sumber pembiayaan pendidikan di SMAS Integral Hidayatullah Kendari berasal dari pemerintah melalui pemberian dana BOS; orang tua dan melalui pembayaran iuran uang konsumsi dan uang sumbangan yang bersifat sukarela; hasil usaha melalui unit kerja mandiri yang menjual majalah dan buletin serta hewan ternak berupa kambing; 2) Perencanaan pembiayaan pendidikan di SMAS Integral Hidayatullah Kendari diawali dengan rapat koordinasi dengan seluruh stakholder dengan memprioritaskan skala kebutuhan sekolah yang paling urgen dan berdampak langsung pada siswa dalam KBM, seluruh kegiatan tersebut diorganisasikan berdasarkan perencanaan yang telah disusun dalam dokumen RAPBS, selanjutnya ditetapkan menjadi dokumen yang disebut APBS (anggaran pendapatan belanja sekolah), yang disahkan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah; 3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan di SMAS Integral Hidayatullah Kendari mencakup pelaksanaan pembiayaan pendidikan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan dalam APBS. Prosedur pelaksanaan pembiayaan pendidikan pada setiap program kegiatan diawali dengan mengajukan proposal kegiatan yang sesuai program kerja yang tercantum dalam APBS kepada kepala sekolah, kemudian kepala sekolah membaca, meneliti, kalau telah sesuai di acc, kepala sekolah memerintahkan bendahara sekolah untuk pencairan pembiayaan kegiatan; 4) Pengawasan pembiayaan pendidikan di SMAS Integral Hidayatullah Kendari berfungsi untuk mengontrol semua proses pelaksanaan pembiayaan pembiayaan pendidikan yang sedang berlangsung di sekolah dengan mencocokkan besarnya penerimaan dan pengeluaran, yang dilakukan secara periodik oleh petugas yang berwenang, yakni kepala sekolah dan ketua yayasan serta Diknas Kota Kendari. 5) Peran manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAS Integral Hidayatullah Kendari yakni dengan memprioritaskan penggunaan anggaran pada hal-hal yang dianggap sangat penting, yakni pengembangan prestasi peserta didik, sehingga menghasilkan siswa yang berprestasi dan mampu bersaing dan memenangi berbagai kegiatan lomba yang diikuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abdullah Alhadza, MA dan Dr. Akib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan, Manajemen,
Subjects: Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Sep 2018 06:36
Last Modified: 28 Sep 2018 06:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item