PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 KENDARI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI

HASNATANG, NIM. 08010101008 (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 KENDARI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Hasnatang “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Kendari Kecamatan Baruga Kota Kendari” (dibimbing Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan Bapak La Hadisi, S. Ag, M. PdI) Judul yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh pelaksanaan strategi pembelajaran inquiry terhadap tinggi rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kendari. Alasan peneliti mengangkat judul ini disebabkan oleh hasil observasi awal peneliti yang menyaksikan siswa SMA Negeri 5 Kendari yang bersemangat belajar PAI dengan strategi pembelajaran inquiry. Strategi inquiry telah dilaksanakan selama 1,5 tahun terakhir di SMA Negeri 5 Kendari. Dalam pelaksanaannya strategi tersebut selalu mengalami evaluasi dan penyesuaian agar dapat berjalan dengan baik. Studi awal tahun 2012 diperoleh gambaran semangat belajar siswa menjadi meningkat ketika pembelajaran dilaksanakan dengan strategi pembelajaran inquiry, terutama pada pembelajaran PAI. Untuk mendapatkan data primer yang dibutuhkan peneliti menggunakan metode quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode observasi. Angket diberikan kepada siswa untuk mengukur pelaksanaan strategi pembelajaran inquiry dan motivasi belajar mereka. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial. Dari data penelitian ini diketahui bahwa strategi pembelajaran inquiry pada pembelajar PAI di SMA 5 Kendari tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh guru PAI, karena dalam penerapnnya guru telah melakukan persiapan dengan baik, strategi inquiry pun telah dilaksanakan sesuai dengan garis besar pelaksanaannya dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Selain itu, siswa SMA Negeri 5 Kendari telah memiliki motivasi belajar yang baik karena menunjukkan pencapaian indokator motivasi yang tinggi seperti memiliki minat dalam belajar, bersemangat dalam belajar, dan tekun dalam mengerjakan tugas. Maka berdasarkan uji inferensial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaram PAI di SMA Negeri 5 Kendari, karena nilai r hitung lebih besar dibandingkan nilai r tabel (0,454 > 0,266), selain itu, nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F pada tabel, karena nilai F hitung adalah 5,99 sedangkan nilai Ftabel pada derajat bebas dbreg b/a = 1 dan db res = n – 2 (55-2 = 53) adalah 4,02.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan La Hadisi, S. Ag, M. PdI)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Pembelajaran Inquiry, Motivasi, Belajar dan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:31
Last Modified: 08 Feb 2018 07:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item