ETIKA FITRIYANI, NIM. 08010101024 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPESTAD (Student Teams Achievement Division ) PADA SISWA KELAS XI 2 JURUSAN BUSANASMK NEGERI 3 KENDARI. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.
Text
BAB I ETIKA.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II ETIKA.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB III ETIKA.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB IV ETIKA.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB V ETIKA.docx Download (19kB) |
|
Text
cover.docx Download (74kB) |
|
Text
FORMAT.docx Download (76kB) |
|
Text
pengantar skripsi.docx Download (118kB) |
|
Text
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2).docx Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK ETIKA FITRIYANI, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI 2 Jurusan Busana SMK Negeri 3 Kendari, (dibimbing oleh Hj. Nurseha Gazali dan Rahmawati) Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI 2 Jurusan Busana SMK Negeri 3 Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah hasil belajar PAI siswa kelas XI 2 Jurusan Busana dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI 2 Jurusan Busana SMKN 3 Kendari pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah siswa kelas XI 2 Jurusan Busana yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari data penelitian ini diketahui bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dalam pembelajaran PAI pada kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari dapat meningkatkan aktivitas kelompok siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Aktivitas kelompok siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,38 kategori kurang baik menjadi 3,5 berkategori baik pada siklus II. Aktivitas guru pun meningkatkan lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,6 berkategori cukup baik menjadi 3,76 berkategori baik pada siklus II. Selain itu, Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,82, dan meningkat sebesar 14,75 % dengan nilai rata-rata siklus II 79,00 pada siklus II. Selain itu jumlah siswa yang telah tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa atau 94,11%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD |
Subjects: | Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sabania Mariona |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 01:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 01:11 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |